Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serigala Bumi, Sepupu Hyena yang Makan 30.000 Rayap Setiap Malam

Kompas.com - 27/05/2024, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

 

KOMPAS.com - Hyena memiliki sepupu yang unik, yang dikenal dengan nama aardwolf atau serigala Bumi. Tidak seperti kerabatnya yang pemakan daging, serigala Bumi merupakan hewan yang aktif di malam hari dan bertahan hidup dengan makan rayap.

Serigala Bumi dapat melahap hingga 300.000 serangga setiap malam, dengan menggunakan lidah mereka yang lengket dan sangat panjang untuk menangkapnya.

Lidah serigala ini lebar dan bulat, dengan papila besar yang mengeras. Berkat pola makan yang unik, serigala Bumi memiliki gigi rata seperti pasak yang tidak dapat mengunyah daging.

Meskipun hewan tersebut masih memiliki taring, tidak seperti hewan pemakan daging lainnya, mereka hanya menggunakan taring untuk mempertahankan wilayah dan anaknya

Serigala Bumi adalah yang terkecil dari empat spesies hyena, berukuran panjang 55 hingga 80 cm dan tinggi hingga 50 cm. Berbeda dengan hyena tutul (Crocuta crocuta) dan hyena belang (Hyaena hyaena), serigala Bumi tidak hidup berkelompok dan hanya berkumpul untuk kawin dan membesarkan anak.

Baca juga: Hyena Betina Punya Organ Kelamin yang Memanjang seperti Penis Saat Kawin dan Melahirkan

Gaya hidup yang menyendiri ini juga disebabkan oleh kesukaan mereka terhadap rayap. Mereka menghabiskan waktu berjam-jam untuk mencari rayap setiap malam, dan pola makan seperti ini tidak cocok untuk hidup berkelompok.

Para ilmuwan belum yakin tentang bagaimana serigala Bumi pertama kali berevolusi. Spesies ini diyakini muncul sekitar 15 juta tahun yang lalu, berdasarkan perbedaan genetik dari spesies hyena lainnya, namun fosil paling awal yang menyerupai spesies tersebut hanya berumur 4 juta tahun yang lalu.

Fosil yang digali di Tiongkok berusia 12 hingga 15 juta tahun yang lalu mengungkapkan spesies hyena yang telah punah, Gansuyaena megalotis, juga mengembangkan pola makan rayap.

Meskipun bukan merupakan nenek moyang langsung dari serigala Bumi, penemuan ini membantu mengisi kesenjangan dalam pemahaman para ahli tentang bagaimana hewan yang tidak biasa ini muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com