Hyena Betina Punya Organ Kelamin yang Memanjang seperti Penis Saat Kawin dan Melahirkan

Kompas.com - 27/02/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Berkembang biak pasti dialami semua hewan yang hidup di Bumi, untuk dapat menghasilkan keturunan secara alamiah. Dalam dunia hewan, ada berbagai macam cara berkembang biak yang cenderung unik, bahkan ada yang sangat mengerikan.

Salah satu proses perkawinan unik itu dialami oleh hyena tutul (Crocuta crocuta). Tidak seperti kebanyakan hewan lain, di mana para pejantan lebih agresif dan mendominasi saat musim kawin tiba, hyena betina justru sebaliknya.

Seperti dilansir dari Live Scence, Rabu (26/4/2006) hyena tutul betina akan menampilkan pertunjukkan untuk menarik perhatian hyena jantan. Bahkan, tubuh mereka pun lebih berotot daripada para pejantan.

Baca juga: Betina Serangga Ini Punya Penis dan Bisa Kawin hingga Berhari-hari

Perkawinan hyena pun tidak mudah, lantaran organ klitoris mereka yang memanjang sekitar 17 cm layaknya penis pada jantan yang disebut pseudopenis.

Oleh sebab itu, para jantan harus berhati-hati untuk mengarahkan alat kelaminnya pada saat kawin. Hyena tutul betina juga bisa buang air kecil dengan organ tersebut, dengan menjadikannya sebagai penis.

Dikenal sebagai hewan yang tangguh, para betina bertarung agar bisa kawin dengan hyena jantan yang menjadi incarannya. Maka tak jarang, para betina akan berkelahi dengan betina dari kelompok lainnya dengan menggigit alat kelamin, yang bisa merusak kemampuan reproduksi lawannya.

Menurut studi yang dipublikasikan di jurnal Nature, memasuki tahap akhir kehamilan hyena betina level tinggi atau disebut hyena alfa akan memberikan banyak hormon androgen pada anaknya.

Adapun anak yang menerima hormon berlebih akan sangat agresif saat memburu makanan, sekaligus membantu mereka untuk bertahan hidup.

Namun, cara ini sangat berisiko karena hormon androgen yang dialirkan kepada anak di dalam kandungannya, bisa merusak indung telur, serta membuatnya sulit untuk hamil lagi.

Hyena tutul juga dikenal sebagai salah satu jenis spesies hewan dengan proses melahirkan paling berisiko. Sebab, induk hyena tutul akan melahirkan anak-anaknya melalui klitoris panjang mereka.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.