Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Napas Pagi: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Merawatnya?

Kompas.com - 21/05/2024, 08:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Napas pagi adalah istilah yang digunakan orang untuk menggambarkan napas yang berbau tidak sedap ketika seseorang bangun tidur.

Bangun dengan napas yang bau di pagi hari bukanlah cara yang menyenangkan untuk memulai hari. Tetapi hal ini sangat umum terjadi, dan kebanyakan orang pernah mengalaminya.

Baca juga: Kenapa Mulut Kering Sebabkan Bau Mulut?

Penyebab napas pagi

Bau mulut di pagi hari adalah jenis bau mulut yang mempengaruhi orang ketika mereka bangun tidur. Istilah medis untuk bau mulut adalah halitosis, yang menggambarkan bau mulut kronis yang tidak kunjung sembuh.

Menurut American Dental Association (ADA), bau mulut di pagi hari terjadi karena penumpukan bakteri di dalam mulut semalaman.

Beberapa penyebab penumpukan bakteri pada mulut adalah:

Partikel makanan

Pada malam hari, enzim dalam air liur akan memecah partikel makanan yang tersisa di sela-sela gigi, lidah, atau di sekitar gusi. Penguraian ini melepaskan senyawa sulfur yang mudah menguap (VSC), yang mengeluarkan bau tak sedap, dikutip dari Healtlhine.

Makanan tertentu yang dimakan seseorang juga dapat mempengaruhi bau napas mereka. Beberapa makanan menyebabkan bau mulut  berlebih seperti, bawang putih, bawang bombay, kopi, dan rempah-rempah. 

Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan bau mulut. Seseorang mungkin tidak menyadari efek merokok terhadap bau napas mereka karena merokok mengurangi indera penciuman.

Baca juga: 9 Penyebab Bau Mulut dan Penjelasannya Menurut Sains

Mulut kering

Seseorang mungkin mengalami bau mulut di pagi hari jika mulutnya kering. Air liur membantu mulut membersihkan bakteri yang menumpuk sepanjang hari dan malam.

Jika mulut tidak memproduksi air liur yang cukup, bakteri akan dapat menumpuk lebih sering. Akibatnya, pelepasan VSC dalam semalam mungkin lebih tinggi, yang berpotensi menyebabkan bau mulut di pagi hari.

Satu studi yang terbit pada International Journal of Dental Hygiene yang menyelidiki efek air pada napas pagi menemukan bahwa minum air atau berkumur dengan air di pagi hari dapat mengurangi VSC sebesar 30-50 persen penyebab napas pagi.

Bernapas melalui mulut juga dapat mengeringkannya. Orang yang tidur dengan mulut terbuka atau mendengkur mungkin memiliki mulut yang lebih kering dan lebih mungkin memiliki bau mulut di pagi hari.

Kebersihan mulut yang buruk

Kebersihan mulut yang buruk adalah penyebab umum dari bau mulut di pagi hari. Menyikat gigi dan menggunakan benang gigi (flossing) yang tepat dapat menghilangkan bakteri dan partikel makanan yang menyebabkan bau mulut.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Alami dan Mudah

Jika seseorang tidak membersihkan giginya secara teratur dan efektif, mereka juga dapat mengalami gigi berlubang dan penyakit gusi. Gingivitis dan periodontitis adalah jenis penyakit gusi yang dapat menyebabkan bau mulut.

GERD

Orang dengan refluks gastrointestinal (GERD) dapat mengalami bau mulut akibat asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan saat mereka tidur di malam hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com