Ilmuwan Temukan Planet Besar Seringan dan Halus Permen Kapas

Kompas.com - 20/05/2024, 20:00 WIB
Annisa Fakhira Mulya Wahyudi,
Resa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Luar angkasa masih menyimpan miliaran misteri yang kerap membingungkan manusia di Bumi.

Baru-baru ini ahli luar angkasa menemukan sebuah planet ekstrasurya aneh yang berjarak 1.232 tahun cahaya jauhnya dari Bumi.

Baca juga: Ilmuwan Temukan Planet Seukuran Bumi yang Mengorbit Bintang Kecil

Temuan planet aneh di ekstrasurya

Dalam sebuah artikel yang terbit di nature astronomy tahun 2024, WASP-193b, ditemukan sebuah planet yang meskipun ukurannya hampir 50 persen lebih besar dari Jupiter, namun massanya tujuh kali lebih ringan.

Planet tersebut sangat ringan dan halus sehingga kepadatan keseluruhannya sebanding dengan kepadatan permen kapas. WASP-193b juga diibaratkan planet ini sebagai sebuah bola bunga dandelion di luar angkasa.

Meskipun tidak pernah terdengar sebelumnya, planet ekstrasurya seperti WASP-193b tergolong langka, dan planet ini dapat membantu manusia lebih memahami evolusi planet, menurut tim internasional yang dipimpin oleh astronom Khalid Barkaoui dari Universitas Liège di Belgia.

“WASP-193b adalah planet paling tidak padat kedua yang ditemukan hingga saat ini, setelah Kepler-51d, yang ukurannya jauh lebih kecil,” ucap Barkaoui menjelaskan.

Kepadatannya yang sangat rendah menjadikannya sebuah anomali nyata di antara lebih dari lima ribu exoplanet yang ditemukan hingga saat ini.

Kepadatan yang sangat rendah ini tidak dapat produksi oleh model standar planet gas raksasa yang diiradiasi, bahkan dengan asumsi struktur tanpa inti yang tidak realistis.

Lebih jauh soal WASP-193b

WASP-193b adalah sebuah planet ekstrasurya yang mengorbit bintang mirip Matahari bernama WASP-193.