Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Studi Ungkap Manusia Sudah Bikin Tali 37.000 Tahun Lalu

Kompas.com - 02/02/2024, 11:33 WIB
Monika Novena,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Siapa sangka 37.000 tahun yang lalu, manusia ternyata telah menggunakan tali.

Kesimpulan tersebut dibuat setelah peneliti melakukan analisis terhadap sepotong gading mammoth berusia 37.000 tahun dengan empat lubang berukir.

Baca juga: Kapan Manusia Purba Pertama Kali Membuat Perahu?

Gading yang ditemukan di sebuah gua di Jerman itu diperkirakan dipakai manusia untuk membuat tali, bukan sebuah karya seni seperti yang diperkirakan sebelumnya.

“Anda dapat membuat tali dengan sangat mudah, dan talinya sangat kuat,” kata Nicholas Conard dari Universitas Tübingen di Jerman.

Mengutip New Scientist, Kamis (1/2/2024) potongan gading itu ditemukan pada tahun 2015 di gua Hohle Fels di lembah Ach di barat daya Jerman.

Benda tersebut belum diberi tanggal secara langsung untuk menghindari kerusakan, namun berdasarkan tempat ditemukannya, benda tersebut setidaknya berusia 35.000 tahun hingga 37.000 tahun.

Membuat tali

Artefak tersebut terdiri dari sebatang gading pipih yang dibelah. Panjangnya sekitar 21 sentimeter dengan empat lubang dengan alur spiral yang diukir berjajar di salah satu ujungnya.

“Bagi saya, spiral-spiral ini terlihat seperti ada sesuatu yang dimasukkan ke dalamnya,” kata Conard.

Benar saja, pemeriksaan mikroskopis menunjukkan adanya jejak serat tumbuhan di alur tersebut. Ujungnya yang tidak berlubang tampak seperti pegangan.

Jadi rekan Conard, Veerle Rots di Universitas Liège di Belgia mencoba menggunakan replika untuk membuat tali dari berbagai bahan dan menemukan paling cocok dengan tumbuhan cattail.

Baca juga: Kapan Manusia Pertama Kali Memakai Baju?

Tim peneliti kemudian memasukan tiga atau empat helai cattail yang dipilin ke dalam lubang yang digabungkan menjadi tali di sisi lainnya.

Penggunaan alat ini memerlukan satu orang untuk setiap helai, ditambah satu orang untuk memegang alat dan menggerakkannya di sepanjang helai, jadi totalnya ada empat atau lima orang.

Mereka mampu membuat tali sepanjang 5 meter dalam waktu sekitar 10 menit. Pembuat tali yang berpengalaman tentu akan bekerja lebih baik.

"Saya pikir itu adalah alat berteknologi tinggi," papar Conard.

Temuan ini pun membuat peneliti menyimpulkan bahwa kemungkinan besar tali telah dibuat sejak 37.000 tahun yang lalu.

Saat ini pula, temuan merupakan bukti pembuatan tali paling awal yang pernah ditemukan.

Studi dipublikasikan di Science Advances.

Baca juga: Sejak Kapan Manusia Mulai Bertani?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com