Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/08/2022, 21:00 WIB
Nadia Faradiba

Penulis

KOMPAS.comSinga laut dan anjing laut memiliki nama dan penampakan yang serupa. Kita sering kali salah membedakan mana yang anjing laut dan singa laut. Hanya dengan memahami perbedaan berikut ini, kita bisa mudah mengetahui keduanya.

Perbedaan singa laut dan anjing laut

Berikut ini adalah tabel untuk membedakan hal-hal mendasar yang dimiliki kedua jenis hewan tersebut.

Perbedaan Anjing laut Singa laut
Berat 50 sampai 3.850 kilogram 70 sampai 1.000 kilogram
Perilaku Menyendiri, kecuali pada musim kawinMenyendiri, kecuali pada musim kawin Hidup berkelompok
Habitat Kutub, subkutub Subkutub
Telinga Tidak terlihat, hanya berupa lubang Terlihat sepasang daun telinga pada sisi samping kepalanya
Suara Jarang bersuara, menggunakan siripnya untuk memukul air sebagai cara berkomunikasi Menggunakan suara yang kencang untuk berkomunikasi

Dari tabel di atas, perbedaan utama yang paling signifikan adalah singa laut memiliki daun telinga, sementara anjing laut tidak punya. Selain perbedaan tersebut, terdapat juga perbedaan keduanya sebagai berikut.

Sirip kaki

Baik anjing laut dan singa laut, memiliki kaki berupa sirip. Namun, ukuran dan fungsi keduanya berbeda. Singa laut memiliki sirip tanpa bulu, lebih besar, cakarnya pendek, dan digunakan untuk berjalan.

Sedangkan anjing laut memiliki sirip yang lebih kecil, memiliki cakar di setiap ujung jarinya, dan berbulu. Selain itu, siripnya tidak digunakan untuk berjalan karena di darat, anjing laut akan menggerakkan tubuhnya dengan perut di darat.

Baca juga: Mengenal Walrus, Kerabat Dekat Singa Laut dan Anjing Laut

Habitat

Sebelumnya telah dibahas lokasi ditemukannya anjing laut dan singa laut. Keduanya ternyata juga memiliki perbedaan dari proporsi hidup di darat dan di laut.

Anjing laut menghabiskan sebagian besar waktunya di air. Sedangkan singa laut telah beradaptasi dan menghabiskan lebih banyak waktu di darat.

Walaupun anjing laut memiliki tubuh yang lebih gempal dibandingkan singa laut, ternyata tubuh anjing laut lebih dinamis dalam air. Inilah sebabkan mereka lebih banyak ditemukan di air.

Jika kita ke kebun binatang dan menemukan pertunjukkan, sudah dapat dipastikan itu adalah singa laut karena mereka mampu lebih atraktif di darat. Oleh karena itu kita bisa melihat beragam aksinya di darat.

Warna tubuh

Tubuh anjing laut secara umum memiliki warna yang lebih terang karena tubuhnya diselimuti bulu. Sebagian besar tubuh anjing laut berwarna putih keabuan. Sementara singa laut tubuhnya sebagian besar adalah kulit dan berwarna coklat tua keabuan.

Setelah membaca artikel ini, jangan salah lagi membedakan anjing laut dan singa laut, ya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com