Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan “Ice Smoke” yang Disemprot Nitrogen Dingin dan Berasap, Waspada Bahayanya

Kompas.com - 16/07/2022, 12:02 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Jajanan unik yang disajikan dengan kepulan asap dan sensasi dingin, belakangan ini jadi digemari anak-anak. Jajanan yang populer disebut Ice Smoke ini, belum lama ini menyebabkan seorang anak mengalami luka bakar.

Jajanan “Ice Smoke” yang dibuat dengan cara menyemprotkan ciki warna-warni dengan nitrogen cair, sampai menimbulkan asap semakin ramai dijual dan dibeli masyarakat Indonesia.

Jajanan ini menjadi ramai dibeli dan dikonsumsi karena biasanya dijual dengan harga yang murah meriah berkisar mulai dari 5-10 ribu saja seporsinya.

Terlebih lagi, jajanan “Ice Smoke” ini tampak menarik karena sensasi melihat dan memakan ciki warna-warni yang dingin karena disemprot oleh nitrogen cair.

Namun, tahukah Anda bahwa jajanan yang satu ini berisiko tinggi membahayakan kesehatan tubuh Anda jika mengonsumsinya.

Bahaya mengonsumsi jajanan “Ice Smoke” ini dialami seorang bocah di Jawa Timur.

Kasus seorang bocah berusia 5 tahun berinisial AFT, warga Desa Bajang, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengalami luka bakar usai membeli jajajan “Ice Smoke” atau es yang mengeluarkan asap lantaran diberi nitrogen cair.

Baca juga: Kasus Bocah Terbakar akibat Jajanan “Ice Smoke”, Benarkah Nitrogen Bisa Picu Kebakaran?

Terkait kasus bocah terbakar setelah makan ice smoke ini, ahli toksikologi Universitas Indonesia, Dr. rer. nat (Doktor Ilmu Sains) Budiawan angkat bicara. Ia mengatakan, sebenarnya nitrogen cair tidak bisa menyebabkan kebakaran secara tiba-tiba tanpa ada pemicu yang lainnya.

Pada dasarnya, nitrogen cair, yang memiliki titik didih -196 derajat Celsius, tidak berwarna dan tidak berbau.

“Sifat nitrogen (cair atau gas) tidak mudah terbakar, karena zat atau bahan kimia tersebut mampu memblock (mereduksi) oksigen,” kata Budiawan kepada Kompas.com, Jumat (15/7/2022).

Di sampaikan Budiawan, salah satu prinsip terjadinya api adalah harus ada bahan kimia yang mudah terbakar, dan ketersediaan Oxygen (O2) yang cukup udara, serta harus ada pemicu api tersebut seperti percikan listrik, api rokok dan sebagainya.

Bahaya nitrogen cair bagi kesehatan

Budiawan menjelaskan, berdasarkan informasi FDA-USA (Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat), sementara nitrogen cair tidak beracun.

Namun, karena nitrogen cair suhu rendahnya dapat berefek sangat merusak jaringan tubuh, menyebabkan radang dingin dan pembakaran kriogenik saat kontak, jadi inilah yang menjadi masalah keamanan bahan kimia yang satu ini.

Nitrogen cair inilah yang digunakan sebagai bahan baku utama jajanan ice smoke yang viral belakangan ini, yang mana memberikan sensasi dingin dan berasap tebal.

Baca juga: Kenali Ciri Jajanan Takjil Mengandung Boraks, Formalin, dan Rhodamin B

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com