Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Terkini, M 5,3 Guncang Meulaboh Aceh Barat, Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 01/03/2022, 19:45 WIB
Zintan Prihatini,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gempa tektonik berkekuatan M 5,3 mengguncang wilayah Pantai Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh Barat. Berdasarkan informasi gempa terkini, gempa bumi tersebut terjadi pada hari ini, Selasa (1/3/2022) pukul 18.04 WIB.

Hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M 5,2.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno, M.Si, mengatakan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3,97° LU; 95,96° BT. Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 31 kilometer arah Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh Barat pada kedalaman 70 kilometer.

Bambang memaparkan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi.

Baca juga: 5 Fakta Gempa Pasaman Barat, Termasuk Sudah 62 Kali Susulan Sampai Hari Ini

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Bambang dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (3/1/2022).

Sementara itu, hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi yang mengguncang wilayah Pantai Barat Daya Kota Meulaboh, Aceh Barat tidak berpotensi tsunami.

Menurut dia, gempa bumi ini berdampak maupun dirasakan di daerah Meulaboh serta Aceh Jaya dengan skala intensitas III MMI di mana getaran dirasakan nyata dalam rumah, dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Selain itu, gempa juga dirasakan di daerah Banda Aceh dan Takengon dengan skala intensitas II-III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, serta terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Kemudian gempa bumi terasa di daerah Blang Pidie serta Pidie Jaya dengan skala intensitas II MMI di mana getarannya dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca juga: BMKG Ingatkan Ancaman Bencana Hidrometeorologi Pasca Gempa Bumi di Pasaman Barat

Menurut hasil monitoring BMKG hingga pukul 18.45 WIB, menunjukkan adanya satu aktivitas gempa bumi susulan (aftershock) dengan magnitudo M 2,8.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Terkait gempa guncang Meulaboh ini masyarakat diminta agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Selanjutnya, periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal Anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum kembali ke dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com