Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Syuting di Luar Angkasa 12 Hari, Kru Film Rusia Kembali ke Bumi

Kompas.com - 18/10/2021, 10:05 WIB
Monika Novena,
Bestari Kumala Dewi

Tim Redaksi

Sumber PHYSORG

KOMPAS.com - Seorang aktris Rusia bersama sutradara film berhasil menginjakkan kaki lagi di Bumi, Minggu (17/10/2021), setelah menghabiskan waktu 12 hari melakukan syuting film di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).    

Menurut Badan Antariksa Rusia Roscosmos, aktris Yulia Peresild dan sutradara Kli Shipenko mendarat sesuai jadwal di padang rumput Kazakhstan pada pukul 04.36 GMT dalam kondisi yang baik.

Mereka kembali ke Bumi bersama dengan kosmonot Oleg Novitsky yang telah berada di stasiun luar angkasa selama enam bulan terakhir.

Baca juga: Bukan Sekadar Mimpi, Syuting Film di Luar Angkasa Segera Terwujud

Sebelumnya, para kru film ini berangkat ke ISS dengan kosmonot veteran Anton Shkaplerov untuk mengambil gambar adegan film The Challenge. Shkaplerov bersama dengan dua kosmonot Rusia yang sudah berada di ISS disebut menjadi cameo dalam film tersebut.

Jika proyek pembuatan film tersebut sesuai jadwal, kru Rusia ini akan mengalahkan proyek Hollywood yang diumumkan tahun lalu di mana Tom Cruise akan bekerja bersama dengan NASA dan SpaceX milik Elon Musk.

Mengutip Phys, Minggu (17/10/2021), plot cerita The Challenge masih dirahasiakan, tetapi bocorannya akan berkisah mengenai seorang ahli bedah yang dikirim ke ISS untuk menyelamatkan seorang kosmonot.

Lebih lanjut, proses pendaratan mereka yang juga didokumentasikan oleh kru film juga akan ditampilkan dalam film.

Perlombaan luar angkasa abad ke-21

Misi keberangkatan kru film ke luar angkasa ini menambah daftar panjang pertama untuk industri luar angkasa Rusia.

Sebelumnya Soviet telah meluncurkan satelit pertama Sputnik dan mengirim ke orbit hewan pertama, seekor anjing bernama Laika, pria pertama, Yuri Gagarin; dan wanita pertama, Valentina Tereshkova.

Namun, Rusia modern masih harus berjuang untuk mendapatkan pendanaan karena pemerintahan yang masih memprioritaskan pengeluaran untuk militer.

Baca juga: Studi Ungkap Lama Tinggal di Luar Angkasa Sebabkan Kerusakan Otak

Rusia juga harus menghadapi persaingan ketat dengan Amerika Serika dan China, dua negara yang memiliki ambisi berkembang di industri luar angkasa.

Salah satu cara yang dilakukan adalah menghidupkan kembali rencana untuk mengangkut petualang ke ISS.

Rencananya, Rusia akan mengirimkan dua turis pada bulan Desember, termasuk miliarder Yusaku Maezawa ke ISS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com