Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: M 5,1 Guncang Laut Papua Barat Tak Berpotensi Tsunami

Kompas.com - 29/04/2021, 16:15 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Gempa hari ini bermagnitudo M 5,1 mengguncang wilayah Papua Barat pada pukul 14.26 WIB, Kamis (29/4/2021). Gempa bumi tektonik ini tidak berpotensi tsunami.

Hal ini disampaikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berdasarkan hasil analisis dan monitoring pemodelan yang dilakukan hingga pukul 15.00 WIB.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno MSc mengatakan, hingga waktu tersebut tidak terdeteksi adanya gempa bumi susulan atau aftershock.

Bambang menyebutkan, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,56 LS dan 134,38 BT.

Lokasi tepatnya berada di laut pada jarak 30 kilometer arah timur Kota Manokwari, Kabupaten Manokwari, Provinsi Papua Barat pada kedalaman 10 km.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5, 3 Guncang Papua Barat akibat Sesar Geser

 

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal," kata dia.

Sementara itu, berdasarkan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki pergerakan mendatar (strike slip).  

Gempa di Laut Papua Barat ini yang memiliki parameter update M 5,3 ini sempat dirasakan getaran akibat guncangan gempa yang terjadi oleh masyarakat di sejumlah daerah.

Masyarakat di wilayah Ransiki dan Oransbari merasakan getaran secara nyata dalam rumah dan terasa getaran seakan-akan truk berlalu karena guncangan terjadi dengan skala intensitas III MMI.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,3 Guncang Papua Barat, Terasa hingga Nabire

 

Ditegaskan Bambang, sejauh ini gempa yang terjadi di laut itu tidak berpotensi tsunami dan tidak ada gempa bumi susulan atau aftershock.

Namun, masyakarat diminta untuk menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah

"Kepada masyarakat (di wilayah Papua Barat) diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu (gempa bumi) yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap dia.

Baca juga: Gempa Hari Ini: M 5,2 Guncang Teluk Bintuni, Terasa di Sorong Papua Barat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com