Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kotoran Kelelawar Berusia 4300 Bantu Ungkap Masa Lalu Bumi

Kompas.com - 14/04/2021, 17:02 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Kotoran kelelawar atau yang dikenal sebagai guano, berusia 4300 tahun, ternyata mampu memberikan petunjuk mengenai masa lalu Bumi.

Hal tersebut diketahui setelah peneliti melakukan analisis kotoran yang ditemukan di kedalaman gua bernama Home Away from Home di Jamaika.

Seperti dikutip dari Science Alert, Rabu (14/4/2021) berhubung kotoran kelelawar tersebut sudah menumpuk sejak 4300 tahun lalu, tingginya bahkan mencapai hingga 2 meter. Tumpukan kotoran juga bahkan sampai membentuk lapisan sedimen.

Namun bukan hanya ukurannya saja yang bikin terpana, kotoran itu bagi peneliti juga memberikan wawasan tentang pola makan kelelawar dan kondisi iklim Bumi di masa lalu.

Dengan menganalisis lapisan-lapisan tersebut, para peneliti dapat mengetahui perubahan pola makan kelelawar yang telah mendiami gua tersebut selama ribuan tahun.

Perubahan pola makan dari analisis kotoran kelelawar ini pun dapat memberikan petunjuk mengenai seperti apa iklim Bumi dan lingkungan pada waktu itu.

Baca juga: Kotoran Kelelawar Purba Jelaskan Asal Kekayaan Hayati Indonesia

 

Di antaranya dengan mempertimbangkan variasi suhu dan curah hujan yang memengaruhi kehidupan hewan, jenis serangga, dan tumbuhan yang tersedia untuk dimakan kelelawar.

"Kami mempelajari arsip alam dan rekonstruksi sejarah alam dari sedimen tersebut. Ini adalah pertama kalinya para peneliti menafsirkan makanan kelelawar di masa lalu sesuai pengetahuan kami," kata Jules Blais, ahli limnologi (ahli ekosistem perairan darat) dari Universitas Ottawa di Kanada.

Peneliti sangat tertarik mempelajari sterol, penanda biokimia makanan yang diproduksi oleh sel tumbuhan dan hewan. Sterol ini melewati sistem pencernaan dan dapat terawetkan selama ribuan tahun.

Sebagai pembanding, peneliti juga melakukan analisis terhadap kotoran kelelawar yang saat ini masih menempati gua yang sama. Sebagai informasi, gua Home Away from Home menjadi rumah bagi sekitar 5000 kelelawar dari lima spesies berbeda.

Hasil analisis kotoran kelelawar berusia 4300 tahun itu, peneliti menemukan ada lonjakan sterol dalam makanan kelelawar sekitar 1000 tahun yang lalu.

Baca juga: Lewat Kotoran Kelelawar, Para Peneliti Pelajari Perubahan Iklim

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com