Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Ini Progres Proyek Tol Gending-Besuki

Kompas.com - 23/11/2023, 08:52 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk. melalui anak perusahaannya, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) tengah mengerjakan Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I segmen Gending-Besuki.

Direktur Utama PT JPB, Adi Prasetyanto mengatakan proses konstruksi telah dimulai sejak Februari 2023 lalu dan saat ini berjalan sesuai dengan target.

“Hingga awal November 2023, progres proyek jalan tol Gending-Besuki mencapai 31 persen untuk paket 1, 15 persen untuk paket 2, dan 6 persen untuk paket 3,” ujar Adi dalam rilis yang diterima Kompas.com.

Dikatakan, sesuai arahan dari pemegang saham, perusahaan akan memastikan seluruh proses bisnis untuk selalu mengimplementasikan tata kelola perusahaan yang baik sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan tujuan dan target yang telah ditetapkan.

Adi menambahkan, ketika Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi tahap I segmen Gending-Besuki ini telah beroperasi, jalan tol ini akan terkoneksi dengan Jalan Tol Pasuruan-Probolinggo yang dikelola oleh PT Waskita Toll Road.

Baca informasi lengkapnya di sini Begini Progres Konstruksi Jalan Tol Gending-Besuki

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi terdapat beberapa ruas jalan yang akan dipadati kendaraan masyarakat saat masa libur Natal dan tahun baru 2023/2024.

Berdasarkan hasil survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub tentang potensi pergerakan masyarakat di masa libur Natal dan tahun baru, jalur yang diprediksi paling banyak dilalui mobil adalah Tol Trans-Jawa (31,66 persen), Tol Cipularang (19,12 persen), dan Tol Jagorawi (15 persen).

Sedangkan jalur yang paling banyak dilalui sepeda motor adalah jalur alternatif lainnya (35,41 persen), dan Jalur Bogor-Puncak-Cianjur (Bopunjur) sebesar 34,72 persen.

Adapun potensi pergerakan masyarakat saat libur Natal dan Tahun Baru 2023/2024 diprediksi mencapai 107,63 juta orang atau 39,83 persen dari total populasi nasional.

Jumlah itu meningkat 143,65 persen dibandingkan momen yang sama pada ahun lalu dengan prediksi mencapai 44,17 juta orang.

Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pergerakan masyarakat pada masa libur Natal dan tahun baru lebih tersebar waktunya dibandingkan dengan masa libur Lebaran, sehingga diharapkan pergerakannya akan lebih terkendali.

Lantas, kapan puncak arus Natal dan arus Tahun Baru terjadi? Cek di sini Tiga Jalur Tol Ini Diprediksi Padat Kendaraan Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Untuk membangun Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi, PT Jasamarga Probolinggo Banyuwangi (JPB) yang merupakan anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memperoleh fasilitas kredit sindikasi dari beberapa lembaga keuangan.

Kredit sindikasi tercatat didapatkan dari beberapa bank dan Lembaga Pembiayaan Infrastruktur senilai Rp7.396.073.000.000 atau Rp 7,3 triliun dengan tenor 15 tahun.

Dana tersebut akan digunakan nantinya untuk pembangunan jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi Tahap I Segmen Gending-Besuki sepanjang 49,68 Km.

Adapun untuk Tahap I jalan tol tersebut terdiri dari Paket 1 Gending sampai dengan Kraksaan (12,88 Km), Paket 2 Kraksaan sampai ke Paiton (11,20 Km) dan Paket 3 Paiton sampai ke Besuki (25,60 Km).

Baca informasi lengkapnya di sini Bangun Tol Probolinggo-Banyuwangi, Jasa Marga Dapat Kredit Sindikasi Rp 7,3 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com