Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada SPAM Batu Mentas, Air Minum Warga Tanjung Pandan Aman

Kompas.com - 16/11/2023, 06:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Batu Mentas di Kota Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung.

Pembangunan SPAM Batu Mentas ini ditujukan untuk mendukung Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Provinsi Bangka Belitung.

Selain itu, SPAM Batu Mentas juga dapat meningkatkan akses air minum yang aman bagi masyarakat sekitar.

Adapun Provinsi Bangka Belitung, khususnya Kawasan Tanjung Kelayang telah ditetapkan sebagai KSPN yang disebut sebagai 10 Bali baru berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 3 Tahun 2016 dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 6 Tahun 2016.

Penyediaan layanan air minum perpipaan ini diharapkan dapat menjaga optimisme investor untuk meningkatkan produktivitas sektor pariwisata.

Pembangunan SPAM Batu Mentas merupakan lanjutan atas infrastruktur yang telah terbangun oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Sumatera VIII berupa pekerjaan tahap 1 intake beserta pompa, jaringan transmisi, dan Embung Batu Mentas.

Baca juga: Peningkatan Kapasitas Dua SPAM IKK di Kapuas Hulu Beres Oktober 2023

Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bangka Belitung juga membangun unit pengolahan (WTP), reservoir beserta Jaringan Distribusi Utama (JDU) untuk mendukung kebutuhan air minum masyarakat.

Pekerjaan dimulai pada 29 September 2020 dan telah selesai pada Maret 2022 meliputi pembangunan 2 unit Instalasi Pengolahan Air (IPA) beton berkapasitas 50 liter per detik, bak penampung berkapasitas 650 meter kubik, reservoir berkapasitas 650 meter kubik.

Kemudian Jaringan Distribusi Pipa HDPE Diameter 400 milimeter sepanjang 15.000 meter, Jaringan Distribusi Pipa HDPE diameter 300 milimeter sepanjang 1.302 meter, Jaringan Distribusi Pipa HDPE diameter 150 mm sepanjang 3.150 meter.

Selanjutnya pekerjaan perlintasan pipa GIP diameter 400 milimeter, dan bangunan penunjang seperti rumah pompa, ruang genset, serta ruang gardu listrik.

Anggaran pekerjaan infrastruktur penyediaan air minum ini bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) senilai Rp 74,55 miliar.

Pembangunan IPA tersebut bertujuan untuk mendukung pemenuhan kebutuhan air baku di Tanjung Pandan dengan kapasitas 2x50 liter per detik.

Sedangkan untuk pembangunan jaringan perpipaan SPAM Batu Mentas dilanjutkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung melalui Anggaran Pendapatan dan Belanka Daerah (APBD) 2022 untuk memberikan akses air bersih bagi 300 Sambungan Rumah (SR).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com