Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Ini, Indrapura-Kisaran Terhubung Jalan Tol, Nih Perkembangannya

Kompas.com - 07/08/2023, 18:45 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) menargetkan pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 km rampung sesuai target pada tahun 2023.

Dikutip dari laman Hutama Karya pada Senin (07/08/2023), progres pengerjaan fisik jalan tol yang terdiri dua seksi itu telah mencapai 87,49%. Sementara progres pengadaan lahan mencapai 99,59%.

Untuk Seksi 1 Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 km, progresnya telah mencapai 98%, sehingga sudah dilaksanakan Provisional Hand Over (PHO) atau Serah Terima Sementara Pekerjaan selama 3 hari, dari Senin (31/7/2023) hingga Rabu (2/8/2023) lalu.

Sedangkan untuk pembangunan Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 km juga terus berjalan dengan progres mencapai lebih dari 80%.

Baca juga: Tiga Proyek Jalan Tol Masih Dilelang, Nih Daftarnya

Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro, menjelaskan proyek Jalan Tol Indrapura-Kisaran dimulai sejak Februari 2020 lalu.

Dirancang dengan kecepatan 100 km/jam, akan mempercepat waktu tempuh dari Medan menuju Kisaran dari awalnya 4 jam bisa dipangkas separuhnya.

"Melalui tol ini juga akan mempersingkat akses masyarakat dari Bandara Kualanamu, Medan menuju Kisaran," ujar Koentjoro dalam keterangan resmi.

Untuk mendungkung pengoperasian jalan tol tersebut, pihaknya memasang CCTV Video Management System (VMS) dengan memakai teknologi digital fiber optik.

Beragam fasilitas pendukung juga akan menunjang, seperti 1 Junction, 2 Simpang Susun, 2 Rest Area, serta 2 Gerbang Tol.

Baca juga: Berkat Dua Tol Baru, Lalin Tol Hutama Karya Naik 7 Persen

Selain itu, proyek Jalan Tol Indrapura-Kisaran dikerjakan dengan menggunakan berbagai teknologi digital construction.

Di antaranya survei digital dengan Fotogrametri, Load Scanner atau sistem pemindaian dengan menggunakan sinar laser untuk mengukur muatan kendaraan secara akurat dan cepat, Building Information Modelling (BIM), Common Data Environment (CDE) atau sistem pemindaian informasi data dari software BIM dengan mengadopsi teknologi cloud.

"Penerapan sejumlah teknologi konstruksi berbasis digital ini tidak hanya dapat melakukan pekerjaan secara efisien dari segi biaya dan waktu, tapi output yang dihasilkan akurat dan tepat mutu," tutup Koentjoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com