Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Hanya Bisa Dilipat, Rumah Prefabrikasi Ini Dibangun Cuma 8 Jam

Kompas.com - 02/07/2023, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi memungkinkan konstruksi rumah dilakukan secara lebih cepat dan ringkas melalui metode prefabrikasi.

Dengan metode ini, komponen-komponen material sebuah rumah diproduksi di luar lokasi proyek.

Nantinya, komponen material tersebut kemudian dibawa ke lokasi pembangunan rumah untuk disusun sesuai dengan modular tertentu.

Bila umumnya komponen rumah prefabrikasi dibawa secara utuh, perusahaan real estate New York, Hapi Home, baru saja memproduksi rumah prefabrikasi yang dapat dilipat.

Terdapat dua unit rumah dari Hapi Home yakni Glenflesk dan Heuston yang dapat dilipat ke dalam sehingga memudahkan dalam proses transportasi dan pengiriman.

Baca juga: Plus Minus Rumah Prefabrikasi, Lebih Murah tetapi Sulit Dijual Kembali

Keduanya berukuran 39 meter persegi, di mana model Glenflesk adalah unit berisi dua kamar tidur dan model Heuston adalah unit dengan satu kamar tidur.

Bagian luar rumah unit Glenflesk dan Heuston terlipat ke dalam di kedua sisi tengah. Ketika komponennya tiba di lokasi, para pekerja akan membuka bagian atap dan lantai terlebih dahulu.

Setelah itu, bagian dinding luar akan dibuka. Para pekerja akan memastikan semuanya aman secara struktural, dan memasang cetakan dan fitur interior lainnya. Dibutuhkan sekitar delapan jam untuk menyelesaikan proses konstruksinya.

Rumah prefabrikasi model Heuston dari Hapi Homes. Unit rumah ini bisa dilipat sehingga sangat mudah dalam proses transportasi ke lokasi pengerjaan. Hapi Homes Rumah prefabrikasi model Heuston dari Hapi Homes. Unit rumah ini bisa dilipat sehingga sangat mudah dalam proses transportasi ke lokasi pengerjaan.

Selain dua model tadi, para pelanggan juga dapat memilih dari 14 model lainnya, yang dirancang oleh insinyur dan arsitek yang bekerja sama dengan Hapi Homes.

Komponen unit rumah prefabrikasi milik Hapi Homes dibuat di pabrik dan memakan waktu sekitar 30 hari.

Setelah itu, komponen-komponen tersebut diangkut ke lokasi di mana kontraktor pekerja dapat menyatukan seluruhnya tersebut dalam hitungan jam.

Unit-unitnya bisa sesederhana rumah mungil yang tidak lebih besar dari gudang, atau sebesar rumah dua lantai berukuran penuh.

CEO Hapi Homes, Mohamed Ahmed mengatakan perusahaan telah membangun dan memasang 12 unit, dengan 12 unit lagi dalam proses produksi.

"Perusahaan bahkan sedang dalam pembicaraan dengan pengembang dan pelaku bisnis perhotelan dan berencana untuk membangun ratusan unit di tahun 2023," ungkap Mohamed seperti dikutip dari Insider. 

Rumah prefabrikasi dari Hapi Homes ini terbuat dari rangka baja ringan sehingga mampu bertahan terhadap rayap dan hama lain yang dapat merusak kayu.

Baca juga: Rumah Prefabrikasi Ini Diklaim Hemat Energi, Tertarik Punya?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com