Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Waktu yang Dihabiskan untuk Mengecat Dinding Rumah?

Kompas.com - 02/07/2023, 07:40 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengecat merupakan salah satu pekerjaan yang paling memakan waktu terutama bila dilakukan oleh mereka yang belum berpengalaman.

Saat mengecat, Anda harus menerapkan minimal dua lapis cat untuk hasil akhir yang terbaik dan rapi.

Meskipun demikian, mengaplikasikan lapisan cat yang kedua perlu waktu tunggu yang tepat sehingga tidak membuat dinding terlihat rusak.

Dikutip dari The Spruce, biasanya cukup aman untuk mengaplikasikan lapisan cat kedua setelah empat jam untuk cat lateks dan 24 jam untuk cat berbahan dasar minyak.

Baca juga: Ingin Aplikasikan Cat Rumah Minimalis Pakai Alat Semprot? Ini Keuntungannya

Cat lateks kering saat disentuh dalam waktu sekitar satu jam. Sedangkan cat berbahan dasar minyak baru akan kering saat disentuh dalam waktu sekitar enam hingga delapan jam.

Semakin sedikit kemilau cat, maka akan semakin cepat kering. Cat glossy membutuhkan waktu paling lama untuk mengering.

Cat dengan finishing kulit telur (egg shell) dan semi-gloss mewakili waktu pengeringan cat rata-rata.

Cat berbahan dasar minyak lebih tahan lama dan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengering dibandingkan cat berbahan dasar air.

 

Cat berbahan dasar air lebih cepat kering daripada cat berbahan dasar minyak karena air menguap untuk membuat cat mengering. Cat berbahan dasar minyak tidak mengandung air.

Meskipun cat berbahan dasar minyak mungkin akan terasa kering setelah beberapa jam saja, sebaiknya tunggu selama 24 jam penuh atau lebih sebelum mengaplikasikan lapisan tambahan.

Jadi rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pengecatan pada ruangan berukuran standar adalah 1 hingga 2 hari kerja, tergantung jenis cat yang digunakan serta luasan ruangannya. 

Jika Anda terburu-buru untuk mengaplikasikan lapisan cat berikutnya sebelum waktu yang tepat, maka akan berisiko menimbulkan kerusakan pada dinding.

Baca juga: Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis untuk Area Dapur

Misalnya muncul garis-garis, cat yang mengelupas, gelembung, lubang kecil hingga lubang berukuran besar.

Cat yang rusak tidak dapat diperbaiki saat cat masih basah. Anda harus menunggu hingga cat mengering, lalu amplas dan aplikasikan lapisan cat yang baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com