Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pastikan Angkutan Lebaran Aman dan Selamat, Kru KAI Dites Narkoba

Kompas.com - 20/04/2023, 17:30 WIB
Kontributor Medan, Mei Leandha,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MEDAN, KOMPAS.com - Memastikan layanan kereta api di masa angkutan Lebaran 2023 berjalan aman, nyaman dan selamat, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional 1, Sumatera Utara melakukan segala persiapan.

Mulai dari sarana, prasarana, fasilitas penumpang, pengamanan sampai penyediaan tiket kepada para pelanggan.

Selain itu, menjamin Awak Sarana Perkeretaapian (ASP) siap menjalankan dinasnya, digelar tes narkoba secara acak. Berkolaborasi dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) dan Dinas Perhubungan Provinsi Sumut di Stasiun Medan.

Ada 20 ASP yang terdiri dari masinis, asisten masinis, petugas layanan kereta, teknisi kereta api dan Pengatur Perjalanan Kereta Api (PPKA) yang menjalani tes urine. Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dan petugas langsir juga menjalani pemeriksaan.

Baca juga: H-2 Lebaran, 38.500 Tiket KA Bandara Yogyakarta dan Medan, Ludes!

"Pemeriksaan tes narkoba ini di luar pemeriksaan rutin, saat ASP akan melaksanakan dinas. Kami ingin memberi jaminan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api kepada para pelanggan, khususnya masa angkutan Lebaran 2023," kata Manager Humas PT KAI Divre 1 SU, Anwar Solikhin, dikutip dari siaran pers, Kamis (20/4/2023).

Anwar berharap, tes narkoba ini meyakinkan para penumpang bahwa ASP yang berdinas dalam kondisi sehat dan performa terbaiknya sebagai garda terdepan perusahaan yang melayani penumpang secara langsung.

Hal ini juga sebagai bentuk penanggulangan penggunaan narkotika, psikotropika dan obat terlarang atau NAPZA di lingkungan PT KAI Divre 1 SU.

Pada H-4 sebanyak 7.716 tiket terjual untuk KA Jarak Jauh dan Lokal. Total, jika dilihat dari data ter-update pemesanan tiket selama masa Angkutan Lebaran 2023 (12 April sampai 3 Mei) di KAI Divre 1 SU, telah terjual 111.002 tiket.

Rinciannya, 76.096 tiket untuk KA Jarak Jauh dan 34.906 untuk KA Lokal dari tiket yang disediakan. Jumlah penjualan tiket masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung secara online.

"Berdasarkan penjualan tiket, tujuan favorit adalah Medan-Tanjungbalai. Sebanyak 49.639 tiket terjual," ungkap Anwar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com