Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tebet Eco Park Raih Penghargaan Arsitektur Lanskap Internasional

Kompas.com - 28/12/2022, 20:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Tebet Eco Park berhasil meraih penghargaan bergengsi di bidang arsitektur lanskap melalui ajang Singapore Landscape Architecture Awards (SILA Awards) tahun 2022.

Penghargaan yang diterima oleh Tebet Eco Park adalah “SILA Gold Awards 2022” untuk kategori Park & Recreational. Penghargaan diberikan pada Senin, (12/12/22).

SILA Awards merupakan penghargaan yang diberikan untuk mengapresiasi dan menunjukkan karya terbaik arsitek lanskap dengan tujuan mempromosikan inovasi dan kreativitas desain lanskap dari berbagai disiplin.

Salah satu kunci keberhasilan Tebet Eco Park meraih penghargaan ini lantaran mengusung tiga konsep utama dalam pengembangannya, yaitu fungsi ekologi, ruang sosial, edukasi serta rekreasi.

Baca juga: Perhatian! Pengunjung Tebet Eco Park Dilarang Bawa Kendaraan Pribadi

Berdiri di atas lahan seluas 7 hektar, Tebet Eco Park merupakan projek kewajiban pengembang dari PT Award Global Infinity selaku anak perusahaan dari PT Astra Land Indonesia. Taman ini dirancang atas kolaborasi arsitek SIURA Studio dan Studio Sae.

Astra Land Indonesia selaku pengembang, merasa bersyukur atas keberhasilan Tebet Eco Park meraih SILA Gold Awards 2022.

Presiden Direktur Astra Land Indonesia, Wibowo Muljono mengatakan perusahaan sangat senang dan turut bangga atas penghargaan tersebut.

Terlebih sebelumnya, Tebet Eco Park juga meraih penghargaan Semec Gold Award yang merupakan penghargaan tertinggi untuk kategori Park & Recreational, di mana semua taman pemenang lain untuk kategori ini berlokasi di Singapura.

“Hal ini menunjukkan bahwa Indonesia, Jakarta khususnya, mampu menghadirkan taman berkelas internasional,” papar Wibowo dalam rilis yang diterima Kompas.com. 

Selain Tebet Eco Park, semua taman yang ada dalam daftar pemenang SILA Awards 2022 berlokasi di Singapura.

Baca juga: Begini Wajah Baru Tebet Eco Park Setelah Direvitalisasi

Sementara itu, Founder and Principal dari SIURA Studio, Anton Sirua mengatakan konsep utama SIURA dalam mendesain Tebet Eco Park adalah dengan merespons masalah lingkungan terjadi di taman dan sekitarnya.

Selain itu taman juga didesain menjadi ruang publik yang atraktif dan edukatif bagi pengunjung.

“Untuk memenuhi konsep tersebut, dalam proses perancangan taman kemudian juga melibatkan berbagai elemen masyarakat, pemerintah, maupun tenaga ahli yang bekerja bersama dengan intensif dari tahap perencanaan,” jelas Anton.

Diresmikan pada 23 April 2022 lalu, Tebet Eco Park saat ini selalu ramai pengunjung, khususnya saat akhir pekan.

Tak hanya  dimanfaatkan  sebagai tempat bersosialisasi, olahraga, dan rekreasi, Tebet Eco Park juga berfungsi sebagai ruang kreatif bagi para komunitas .

Terletak di Jakarta Selatan, Tebet Eco Park terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi utara dan selatan.

Pada sisi selatan taman terdapat kebun bibit existing yang dikembangkan menjadi zona wetland boardwalk, community garden, forrest buffer dan swamp playground.

Sementara itu, di bagian utara taman terdapat TEP plaza, thematic garden, dan community lawn.

TEP plaza berfungsi sebagai area drop-off atau penerima kunjungan yang dilengkapi dengan bangunan pavilion, amphitheatre, fasilitas parkir, dan UMKM.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com