Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PP Beres Revitalisasi Taman Pracima Pura Mangkunegaran, Dulunya Lapangan Tenis

Kompas.com - 21/12/2022, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra terakhir Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep telah melangsungkan resepsi pernikahannya dengan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022) lalu.

Berbicara mengenai Pura Mangkunegaran, PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk atau PP telah menuntaskan suatu proyek revitalisasi di areal tersebut.

Melansir dari akun Instagram resmi PP, perseroan dipercaya dalam merevitalisasi lapangan tenis untuk kemudian disulap menjadi taman.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh PT PP (Persero) Tbk (@ptpp_id)

Sebelum mengetahui informasi terkait revitalisasi lapangan tenis menjadi taman, ada baiknya kita tahu tentang Pura Mangkunegaran.

Sebagai informasi, Pura Mangkunegaran merupakan istana Raja Mangkunegaran yang dibangun pada tahun 1757 silam.

Istana resmi Kadipaten Mangkunegaran ini memiliki Royal Garden yang merupakan tempat rekreasi keluarga dan kerabat kerajaan dengan perpaduan arsitektur Jawa dan Eropa.

Baca juga: Penyelesaian Area Manik Mas Pura Agung Besakih Molor, Ini Penyebabnya

Taman tersebut kemudian beralih menjadi lapangan tenis dan sekaligus menjadi yang tertua di Solo.

Nah, pada tahun 2022, PP yang merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Karya, dipercaya untuk melaksanakan revitalisasi lapangan tenis tersebut agar menjadi taman yakni Taman Pracima.

Taman tersebut terinspirasi dari desain era Mangkunegaran VII sebagai bentuk pelestarian budaya.

Saat ini, perseroan telah menyelesaikan revitalisasi tersebut sesuai dengan kualitas, ketepatan waktu, serta mengedepankan keselamatan.

Kini, Taman Pracima yang terletak di sisi barat Pura Mangkunegaran siap menyapa masyarakat sebagai ruang publik dan menjadi wadah pengembangan kesenian dan UMKM di Solo.

Setidaknya, ada tiga fasilitas yang tersedia di Taman Pracima yakni Pracimasana Bistro and Tea House, Pracimawisik Lounge, Pracimaloka Coffeeshop.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com