Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/12/2022, 12:00 WIB
Thefanny,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Transaksi tol non-tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan mulai diuji coba pada 1 Juni 2023 di Bali.

Direktur Utama PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) Peter Ong mengatakan, uji coba ini akan mulai dilakukan di Bali dengan pertimbangan ruas jalan tol yang belum begitu padat sehingga dapat lebih mudah dilaksanakan dan diobservasi.

"Setelah Bali sudah menerapkan MLFF secara keseluruhan, baru kemudian kita akan uji coba di ruas tol lain," jelas Peter Ong dalam keterangan yang dikutip Kompas.com, Selasa (13/12/2022).

Baca juga: Menilik Kesiapan Transaksi MLFF di Jalan Tol

Sistem MLFF adalah sistem pembayaran yang memungkinkan pengendara untuk tidak perlu berhenti di gerbang tol untuk melakukan transaksi, pengendara bisa langsung melakukan transaksi dengan menggunakan aplikasi Cantas.

Setelah mengunduh aplikasi, pengendara perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu dan mengisi saldo sesuai dengan nilai pembayaran tol. Pastikan juga saldo selalu cukup untuk melakukan transaksi MLFF pada kemudian hari.

"Kita mulai dengan hilangkan satu gerbang dulu di satu ruas tol untuk MLFF, sementara gerbang yang lain tetap bisa digunakan untuk transaksi non-tunai dengan kartu elektronik," jelas Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) PUPR Danang Parikesit.

Ia juga menambahkan, sistem MLFF ini akan diawasi dengan Gantry di beberapa titik ruas tol untuk meminimalisasi pelanggaran.

Rencana uji coba MLFF ini dilaksanakan atas dasar hasil penelitian yang positif. Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) melakukan penelitian pada Juli 2022 mengenai dukungan penggunaan sistem transaksi MLFF.

Hasilnya, 92,2 persen dari 1.341 pengguna tol atau sekitar 1.236 orang mendukung sistem transaksi MLFF.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com