Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Jalani Uji Coba, Gantry Sistem MLFF di Tol Jagorawi Disempurnakan

Kompas.com - 29/11/2022, 19:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

 JAKARTA, KOMPAS.com - Usai melewati serangkaian uji coba, gantry sistem pembayaran tol non-tunai nirsentuh Multi Lane Free Flow (MLFF) yang telah terpasang di Jalan Tol Jagorawi KM 18+370 arah Ciawi akan dilakukan penyempurnaan dan penyesuaian instrumen atau perlengkapan peralatan pendukung.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, gantry MLFF yang pertama terpasang di Jalan Tol Jagorawi merupakan sarana uji coba beragam instrumen yang ada seperti kamera, server, dan lainnya.

"Setelah dilakukan pengamatan dan evaluasi perlu dilakukan penyempurnaan kembali untuk peralatan pendukungnya sebelum nantinya siap diujicobakan kepada pengguna jalan tol secara langsung," ujarnya dikutip dari laman BPJT, Selasa (29/11/2022).

Menurut dia, dilakukannya penyempurnaan perlengkapan gantry ini telah melalui proses evaluasi oleh para tim ahli, tim BPJT, konsultan independen, dan PT Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai badan usaha pelaksana sistem MLFF.

Setelah dilakukan penyempurnaan gantry uji coba MLFF di jalan tol Jagorawi, gantry uji coba kedua yang juga telah terpasang di jalan tol JORR S KM33+635, selanjutnya juga akan dilakukan penyempurnaan.

Baca juga: Plus Minus Transaksi Tol Nir-sentuh MLFF Berbasis Satelit

Adapun pekerjaan penyesuaian pertama akan dilakukan di Jalan Tol Jagorawi yaitu pada tl29 November 2022 dan 1 Desember 2022, masing-masing dilaksanakan sekitar pukul 23.00–04.00 WIB.

Untuk memastikan pekerjaan berjalan aman dan lancar, RITS telah melakukan koordinasi dengan Jasamarga Metropolitan Tollroad sebagai operator jalan tol Jagorawi.

Danang menjelaskan, kegiatan penyempurnaan instrumen pendukung gantry ini tidak akan menganggu jadwal operasional pelaksanaan MLFF.

Semua tetap sesuai target pelaksanaan yakni pada tahun 2023 sistem tol MLFF akan mulai diujicobakan di beberapa ruas tol.

"Kemudian setelah kedua tiang gantry tersebut disempurnakan, akan jadi benchmark (pembanding) untuk pembuatan gantry-gantry lainnya," jelasnya.

Beberapa instrumen yang akan dipasang pada gantry antara lain kamera dengan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligent (AI) yang berbasis perangkat lunak, Central Processing Unit (CPU), dan sebagainya.

 Baca juga: Simak Cara Kerja Cantas, Bayar Tol Tanpa Setop dan Sentuh

Untuk dapat melakukan penyesuaian tersebut maka akan dilakukan proses pemasangan ulang gantry.

Beberapa persiapan yang akan dilakukan antara lain pemasangan rambu-rambu pengamanan pekerjaan sesuai standar, rambu pengaturan lalu lintas, dan lampu selang serta penyiagaan petugas keamanan di lokasi pekerjaan.

Pengguna jalan diharapkan agar dapat memperhatikan jadwal pekerjaan tersebut, mengecek kondisi lalu lintas sebelum melakukan perjalanan serta mengatur waktu perjalanannya untuk menghindari kemungkinan terjadinya kepadatan arus lalu jalan di titik lokasi rencana pekerjaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com