Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buat Rumah Bebas Bau Selokan Lewat Cara Ini

Kompas.com - 12/05/2022, 12:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber Sewer Pros

JAKARTA, KOMPAS.com - Bau busuk selokan sering kali mengganggu indera penciuman , terlebih jika aroma tak sedap ini tercium sampai ke dalam rumah.

Namun tahukah Anda, bisa saja bau selokan di rumah tadi berasal dari saluran pembuangan yang menyimpan sisa makanan, rambut, minyak dan menyumbat pipa?

Melansir Sewer Pros, Kamis (12/5/2022),  Anda bisa menggunakan plunger untuk melancarkan kembali saluran pembuangan dan menghilangkan masalah ini dengan mudah.

Pastikan Anda menggunakan jenis plunger yang tepat dan sesuai dengan saluran pembuangan yang ingin dibersihkan.

Hal ini dikarenakan beberapa plunger dirancang untuk digunakan di wastafel dan sementara yang lain dibuat untuk toilet yang tidak tersumbat.

Baca juga: Justru Bikin Kotor, Ketahui 7 Kesalahan saat Membersihkan Rumah

Tanyakan kepada toko perangkat keras di sekitar Anda agar tidak salah membeli peralatan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ular pipa untuk membuka saluran pembuangan. Adapun alat ini juga dijual di toko perangkat keras.

Lebih lanjut, ada hal mudah lain yang bisa Anda lakukan untuk membereskan masalah ini, seperti menuangkan air panas ke saluran pembuangan.

Air panas adalah salah satu bahan yang aman digunakan karena tidak beracun dan bisa membantu melarutkan lemak yang menggumpal.

Tak hanya itu, Anda juga bisa menggunakan soda kue dan cuka yang kemudian dituang menggunakan air panas.

Baca juga: Rumah Anda Bau Bangkai Tikus? Begini Cara Menghilangkannya

Komposisinya adalah, gunakan setengah cangkir soda kue dan satu cangkir cuka. Diamkan selama 10 menit di dalam saluran pembuangan sebelum Anda bilas dengan air panas.

Untuk menghindari penyumbatan di kemudian hari, Anda harus memastikan agar sisa makanan atau kotoran lain yang bisa menyumbat pipa dibuang terpisah.

Akan tetapi, jika bau busuk selokan kian parah dan tak bisa lagi ditangani dengan cara yang mudah, mungkin sudah saatnya Anda memanggil tenaga ahli untuk melakukan pengecekan saluran secara menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com