Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu Ribet, Begini Cara Bersihkan Toilet dengan Cuka dan Soda

Kompas.com - 28/12/2021, 09:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

KOMPAS.comToilet bisa menjadi salah satu perabotan di rumah yang menyimpan banyak kuman, bakteri dan kotoran.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh NSF Internasional, kursi toilet mengandung jamur, ragi dan kuman dalam jumlah yang sangat tinggi, dilansir dari Good Housekeeping, Senin (27/12/2021).

Hal ini menggambarkan bahwa banyak orang yang tidak membersihkan toilet dengan benar.

Direktur Good Housekeeping Institute Cleaning Lab Carolyn Forte mengatakan, toilet harus dibersihkan sesering mungkin.

Tidak hanya itu, toilet juga harus didisinfektan penus setiap dua hingga tiga hari, terlebih jika terdapat anggota keluarga yang sedang sakit.

Adapun mendisinfeksi toilet dapat membantu mengurangi risiko kontak dengan kuman yang mampu mengancam kesehatan.

Namun, jika mungkin Anda khawatir jika penggunaan bahan pembersih toilet yang dijual di pasaran akan mempercepat kerusakan toilet dan kamar mandi, mungkin cuka dan soda bisa menjadi solusi.

Dilansir dari Real Homes, begini cara membersihkan toilet menggunakan cuka dan soda.

Cuka dan soda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengisi botol semprot dengan cuka putih dan semprotkan pada area toilet.

Setelah itu, tunggu selama 10 menit atau semalaman untuk hasil yang lebih baik. Kemudian gosok are toilet dengan sikat khusus toilet.

Adapun penggunaan cuka untuk membersihkan toilet ini disebut efektif bahkan untuk membersihkan kerak yang menempel di toilet.

Keasaman pada cuka juga bisa membunuh kuman, bakteri dan jamur. Tetapi perlu untuk diingat, jangan menggunakan cuka sari apel karena bisa merubah warna toilet.

Sedangkan jika menggunakan soda, tuangkan satu kaleng soda di sekitar tepi mangkuk toilet agar bisa mengalir ke bagian dalam.

Biarkan setidaknya dalam satu jam atau semalaman pada noda yang susah hilang. Setelah itu, gosok toilet hingga bersih.

Dengan menggunakan soda, asam fosfat yang terkandung di dalamnya bisa melarutkan penumpukan kerak sehingga mampu mengubah toilet menjadi lebih besih.

Menjaga kebersihan toilet

Tentu Anda menginginkan toilet agar tetap berish dan bebas kuman, maka gunakanlah blok pembersih yang ditempelkan di dalam tangki untuk melepaskan disinfektan setiap kali menyiram.

Selain itu, gunakan sikat toilet yang disimpan di tempat berisi disinfektan dan letakkan di kamar mandi. Ini akan mempermudah Anda ketika ini membersihkan kotoran kapanpun.

Dan tidak lupa untuk selalu membersihkan gagang toilet untuk toilet duduk karena otang karang mencuci tangan mereka sebelum menyiram toilet sehingga area tersebut juga menyimpan bakteri, bahkan mungkin dengan jumlah yang lebih banyak.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com