Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus AKAP Kembali Beroperasi, Penumpang Melonjak

Kompas.com - 23/05/2021, 18:30 WIB
Ardiansyah Fadli,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pasca dibuka kembali layanan angkutan layanan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) pada periode mudik lebaran 2021, jumlah penumpang AKAP di 3 dari 4 Terminal Tipe A di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengalami peningkatan.

Kepala BPTJ Polana B Pramesti mengatakan bahwa berdasarkan data pada tanggal 18 hingga 21 Mei 2021 tercatat terjadi kenaikan jumlah keberangkatan penumpang AKAP di Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Baranangsiang Bogor.

"Sementara khusus untuk terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan tidak terjadi kenaikan," kata Polana dalam keterangan tertulis yang dikutip Kompas.com, Minggu (23/05/2021).

Baca juga: BPTJ Setop Sementara Layanan Bus AKAP dan AKDP di Empat Terminal, Ini Rinciannya

Menurutnya peningkatan dihitung dengan asumsi perbandingan jumlah rata-rata penumpang pada masa normal yaitu pada bulan Januari-Maret 2021.

Kenaikan jumlah pengguna layanan AKAP sebesar 8,87 persen tercatat di Terminal Baranangsiang Bogor yang dilayani 24 PO.

Pada hari-hari biasa seperti pada bulan Januari sampai dengan Maret, Terminal Baranangsiang melayani penumpang sekitar 203 orang per hari.

Pasca masa peniadaan mudik, Terminal Baranangsiang tercatat melayani sebanyak 221 penumpang per hari.

Sementara, destinasi yang paling banyak dituju yaitu Wonosobo di Jawa Tengah dan Lampung serta Padang di Sumatera.

Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Terminal Poris Plawad Tangerang, sekitar 74 persen.

Pada waktu normal, rata-rata setiap hari melayani penumpang sekitar 446 orang, sementara selepas masa peniadaan mudik tercatat 776 orang per hari.

Padang dan Madura merupakan destinasi yang paling banyak dituju oleh penumpang yang dilayani 78 PO.

Selanjutnya untuk Terminal Jatijajar Depok, rata-rata melayani 324 orang per hari, sementara setelah berakhirnya masa peniadaan mudik sebanyak 519 penumpang per hari.

“Dengan demikian kenaikan penumpang yang berangkat melalui Terminal Jatijajar Depok pada periode ini tercatat kurang lebih sebesar 60 persen,” jelas Polana.

Adapun Ponorogo, Bojonegoro, Yogyakarta dan Pekalongan merupakan daerah yang paling banyak dituju oleh penumpang yang berangkat melalui Terminal Jatijajar Depok dan dilayani 48 PO.

Khusus untuk Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, tidak terdapat kenaikan jumlah penumpang dengan angka 38 orag per hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com