Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kematian Anak Tamara Tyasmara di Kolam Renang Diusut dengan Scientific Crime Investigation

Kompas.com - 06/02/2024, 13:18 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira Satya Triputra mengatakan, kematian anak Tamara Tyasmara akan diungkap melalui metode scientific crime investigation.

“Rekan sekalian pelaksanaan ekshumasi (pembongkaran makam) ini diharapkan nantinya bisa mengungkap tabir dari kematian daripada korban,” ujar Wira di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Selasa (6/1/20246.

“Tentunya dalam hal ini penyidik dari Polda Metro Jaya akan mengutamakan pembuktian melalui scientific crime investigation,” lanjut Wira.

Baca juga: Tamara Tyasmara Tak Kuasa Menahan Tangis Jelang Pembongkaran Makam Anaknya

Scientific crime investigation adalah metode penyelidikan dan penyidikan sebuah tindak pidana menggunakan pendekatan ilmiah dan didukung berbagai disiplin ilmu, baik ilmu terapan maupun ilmu murni.

Penyidik telah memegang sejumlah bukti. Baik itu rekaman CCTV kolam renang tempat Dante tenggelam dan petunjuk keterangan para saksi yang ada di peristiwa tersebut.

Adapun putra semata wayang Tamara Tyasmara, Raden Andante Khalif Pramudityo atau Dante (6), meninggal dunia diduga karena tenggelam di kolam renang pada 27 Januari 2024.

Baca juga: Hari Ini, Polisi Lakukan Ekshumasi Makam Anak Tamara Tyasmara

Lebih lanjut Wira mengatakan, ekshumasi atau pembongkaran makam ini dilakukan untuk proses autopsi guna mengetahui penyebab kematian anak dari Tamara Tyasmara.

Tamara Tyasmara dan Angger Dimas di proses ekshumasi makam anaknya di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2024).Kompas.com/Cynthia Lova Tamara Tyasmara dan Angger Dimas di proses ekshumasi makam anaknya di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2024).
Ekshumasi ini dilakukan oleh tim Reserse Kriminal Umum dari Polda Metro Jaya Polda Metro Jaya dan forensik Rumah Sakit Polri.

Hadir pula orangtua kandung Dante, Angger Dimas dan Tamara Tyasmara beserta kuasa hukumnya, Sandy Arifin.

“Kegiatan ekshumasi ini adalah satu rangkaian proses daripada penyelidikan maupun penyidikan yang akan dilaksanakan tentunya dengan maksud untuk mengetahui penyebab kematian daripada korban,” ucap Wira.

Baca juga: Menanti Hasil Penyelidikan Kematian Anak Tamara Tyasmara yang Tenggelam di Kolam Renang

“Dalam pelaksanaan kegiatan hari ini kita dari tim Polda Metro Jaya beserta Subsdit Jakarta beserta tim penyidik mendampingi tim dari forensik Rumah Sakit Polri yang dipimpin oleh dokter Farah. Tadi sudah melaksanakan kegiatan rangkaian mulai dari penggalian kubur sampai dengan dilaksanakan pemeriksaan,” lanjut Wira.

Wira mengatakan, autopsi dari jenazah Dante akan diserahkan dan dilakukan pemeriksaan di Rumah Sakit Polri.

Wira belum mengetahui persis kapan jangka waktu hasil autopsi itu keluar.

Ia berharap hasil autopsi itu bisa segera keluar dan penyebab kematian anak dari Tamara Tyasmara pun terungkapS

“Untuk hasil autopsinya nanti kami akan mencooba untuk koordinasi dengan ketua tim yang melakukan pemeriksaan. Kami berharap dalam waktu cepat bisa mendapatkan hasil, karena ini pun hasil pemeriksaan kegiatan ekshumasi hari ini pun harus dilakukan pemeriksaan secara laboratoris oleh Puslabfor Polri,” tutur Wira.

Adapun sebelumnya, kasus ini ditangani Polsek Duren Sawit.

Kini kasus tersebut dilimpahkan ke Polda Metro Jaya. Pelimpahan kasus kematian korban dilakukan guna memudahkan proses penyelidikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com