Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palsukan Hasil Tes demi Bebas Wamil, Idol Berusia 32 Tahun Mendapat Hukuman

Kompas.com - 17/01/2024, 21:13 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Seorang idol berusia 32 tahun dikabarkan telah diadili karena melanggar Undang-Undang Dinas Militer.

Menurut kalangan hukum, pada tanggal 17 Januari 2024, Divisi Kriminal Pengadilan Distrik Utara Seoul 3 (Hakim In Hyung Jun) telah menghukum Ahn (32), satu tahun penjara dan 2 tahun masa percobaan.

Sebagai tambahan, dia juga diminta menyelesaikan 80 jam pelayanan masyarakat.

Ahn diketahui menerima nilai fisik 1 pada bulan Juli 2011 dan menerima nilai 2 untuk kelayakan dinas militer aktif pada bulan November 2017.

Baca juga: Proyek Terakhir Song Kang Sebelum Jalani Wajib Militer

Namun, tahun 2020 dia mengeluhkan gejala palsu, seperti masalah psikologis dan gangguan fungsi kognitif, dan menerima nilai umum kelas 4.

Sebelumnya, Pak Ahn telah menerima perawatan di sebuah rumah sakit di Seoul selama kurang lebih tujuh bulan mulai bulan Oktober 2019.

Selama waktu tersebut, ia dilaporkan memberikan tanggapan yang berlebihan atau menyimpang selama tes psikologi komprehensif. 

Seperti berpura-pura mengalami masalah psikologis atau disfungsi kognitif.

Ahn telah memberi tahu dokter bahwa dia mengalami depresi berat, berpikir untuk bunuh diri, dan mengalami jantung berdebar-debar dan kesulitan bernapas yang tidak dapat dijelaskan.

Baca juga: Selesai Wajib Militer, Seo Kang Joon Sapa Penggemar dan Janji Bakal Comeback

Akhirnya dengan keluhan itu, berdasarkan evaluasi medis Ahn kemudian diberikan surat keterangan dari rumah sakit yang menunjukkan bahwa ia menderita "cacat intelektual ringan". 

Kondisinya itu membuat Ahn diklasifikasikan memenuhi syarat untuk wajib militer sebagai pekerja kesejahteraan sosial tingkat 4.

Sertifikat medis selanjutnya merekomendasikan observasi psikiatris dan perawatan obat selama minimal satu tahun.

Meskipun demikian, Ahn justru terlibat dalam aktivitas aktif seperti menjadi trainee dari tahun 2012 hingga 2022 dan debut sebagai penyanyi, kostum, pertunjukan, dan jumpa penggemar.

Hakim menilai Ahn menipu dan menghindari tugas militernya dengan berpura-pura memiliki masalah intelektual meskipun tidak memiliki masalah psikologis yang berarti.

Namun, hakim mempertimbangkan fakta bahwa Ahn mengakui kesalahannya, baru pertama kali melakukan pelanggaran, dan berjanji untuk memenuhi tugas militernya.

Walaupun tak diketahui siapa sosok idol tersebut, tapi rumor menyebut bahwa Ahn adalah pemimpin boy grup yang debut pada tahun 2018 dan saat ini berusia 32 tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com