Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paul McCartney Merasa Hilang Separuh ‘Nyawa’ Saat John Lennon Meninggal

Kompas.com - 16/11/2023, 20:44 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com - Musisi legendaris John Lennon dan Paul McCartney dianggap sebagai salah satu duo penulis lagu terhebat dalam Sejarah.

John Lennon dan Paul McCartney menulis hampir 200 lagu bersama selama mereka berada di The Beatles.

Ketika John Lennon tewas ditembak pada usia 40 tahun di luar apartemennya di New York City pada tahun 1980, dunia kehilangan seorang seniman dan pemikir populer yang warisannya masih bertahan.

Baca juga: Desta Lari-lari Kejar Bus Paul McCartney, Eross Sheila on 7: Malu-maluin

Paul McCartney mengungkapkan, bahkan semasa hidupnya, John Lennon pernah menyampaikan kekhawatiran tentang bagaimana dia akan dikenang.

Pada episode terbaru podcast atau siniarnya, berjudul Paul McCartney: A Life in Lyrics, McCartney merenungkan pengaruh mendiang John Lennon dan membahas lagu “Here Today,” yang dia sebut sebagai “lagu cinta” untuk John Lennon yang dia tulis setelah kematiannya.

“Jika ada yang bertanya kepada saya, ‘Bagaimana rasanya bekerja dengan John Lennon?’ Faktanya adalah lebih mudah, lebih mudah, karena ada dua pikiran yang bekerja. Dan interaksi itu sungguh ajaib,” kata Paul McCartney yang kini berusia 81 tahun.

Baca juga: Pengorbanan Desta Lari-lari Mengejar Bus Berisi Paul McCartney lalu Dibalas Jempol dan Lambaian Tangan

Paul McCartney tak memungkiri, setelah kepergian John Lennon, dirinya seringkali bimbang saat menulis lagu karena tak ada lagi tandem yang siap memberikan masukan.

“Sekarang saya sadar bahwa saya tidak terlalu memilikinya. Dan tahukah Anda, sering kali kita bertanya pada diri sendiri, 'Apa yang akan John Lennon katakan mengenai hal ini? Apakah ini terlalu jelek? Dia akan mengatakan da da da, jadi saya akan mengubahnya.' Tapi lagu saya harus mencerminkan diri saya, dan Anda tidak memiliki banyak elemen yang berlawanan. Saya harus melakukannya sendiri akhir-akhir ini,” tutur Paul McCartney.

Baca juga: Keith Richards The Rolling Stones Sebut Rekaman dengan Paul McCartney Terasa Seperti Masa Lalu

Paul McCartney mengaku proses penulisan lagu “Here Today,” yang dirilisnya pada tahun 1982 untuk John Lennon, sebuah proses yang “sangat emosional”.

“Saya mengingat banyak hal tentang hubungan kami dan jutaan hal yang telah kami lakukan bersama. Dari sekadar berada di ruang depan atau kamar tidur masing-masing, atau berjalan-jalan bersama, atau menumpang,” kata Paul McCartney tentang kenangan yang menginspirasi lagu tersebut.

Paul McCartney mengatakan, setiap kali membicarakan John Lennon, pikirannya langsung tertuju pada rasa kehilangan.

Baca juga: Lirik Lagu Bite My Head Off, Singel Baru dari The Rolling Stones feat. Paul Mccartney

“Saya baru saja duduk di ruangan kosong ini memikirkan John Lennon dan menyadari bahwa saya telah kehilangan dia,” ucap Paul McCartney merenung.

“Itu adalah kehilangan yang sangat besar, jadi bercakap-cakap dengannya dalam sebuah lagu adalah suatu bentuk pelipur lara. Entah bagaimana aku bisa bersamanya lagi,” imbuh Paul McCartney.

Dan bahkan saat Paul dan John masih bersama, mereka sempat berbincang tentang kematian dan warisan, aku Paul McCartney.

Baca juga: Paul McCartney Sebut Kehadiran Yoko Ono di Tengah The Beatles adalah Gangguan

“Saya ingat dia berkata kepada saya, 'Paul, saya khawatir tentang bagaimana orang akan mengingat saya ketika saya meninggal,' dan itu mengejutkan saya,” kata Paul McCartney.

“Saya berkata, 'Oke, tunggu, tahan saja di situ. Orang-orang akan berpikir Anda hebat, Anda sudah melakukan cukup banyak pekerjaan untuk menunjukkan hal itu.'” Tambah Paul McCartney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com