Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuliah di Jerman Gratis, Christian Sugiono Ungkap Alasan Tak Selesaikan dan Pilih Pulang ke Indonesia

Kompas.com - 16/11/2023, 19:18 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Aktor sekaligus pengusaha, Christian Sugiono ungkap alasannya dulu pilih tinggalkan bangku kuliah di Jerman dan kembali ke Indonesia.

Ada beberapa hal yang membuat suami aktris Titi Kamal itu membuat keputusan besar meninggalkan Jerman dan kuliahnya.

"Pertimbangan gue, gue udah kelamaan di Jerman," kata Christian dikutip dari YouTube Kasisolusi.

"Gue kerjaannya di sana, kerja, nonton konser festival-festival, senang-senang," imbuhnya.

Baca juga: Cara Christian Sugiono Atasi Rasa Bosan dalam Sebuah Hubungan

Selama di Jerman, Christian juga bisa mencukupi kebutuhan hidupnya sendiri dengan bekerja di restoran dan menjadi kontributor.

Dengan gajinya bekerja di restoran saja, saat pulang ke Indonesia dan membawa uang Euro, Christian bisa mentraktir Titi Kamal, yang saat itu masih menjadi kekasihnya, makan di restoran mewah.  

Namun, kehidupan di Jerman yang serba terjamin, termasuk kuliah gratis, justru membuat Christian khawatir akan masa depannya.

"Gue ngelihat temen-temen gue yang di Jerman, karena di sana sekolah gratis, anak-anak Indonesia banyak yang kepanjangan (sekolahnya) akhirnya keterusan-keterusan. Dan gue ngelihat hidup di Jerman enak, udah teratur, udah jelas hidupnya," ujar Christian.

Baca juga: Kesepakatan Titi Kamal dan Christian Sugiono, Boleh Pergi Liburan Tanpa Pasangan

"Justru itu yang bahaya buat gue, karena gue merasa pada saat itu gue udah enak hidupnya, 'ya udah lah gue gini aja, gue happy, bisa nonton konser, ke acara party, pulang tinggal kerja ke restoran, akhir bulan gajian,'" sambungnya.

Christian tidak ingin menjalani kehidupan yang seperti itu. 

"Di luar negeri, gue kayak keenakan hidup lah," kata Christian.

"Gue enggak mau hidup gue kayak gitu. Sebelum gue mati, gue mau rock and roll dulu. Ngerasain bahwa journey-nya hidup itu ya gitu," imbuhnya. 

Saat itu kebetulan Christian memang sudah merintis usaha bersama teman-temannya, yang semakin membulatkan keputusan untuk tak menyelesaikan kuliah.

"Gue tidak perlu ijazah, ilmu gue udah dapet. Kan gue udah bisa kerja, gue udah bisa kerja sama partner gue, bikin perusahaan web and design, punya klien satu label besar," kata Christian.

"Akhirnya gue memutuskan, di situ (Jerman) hidupnya ketaker, enak. Pacar gue di Indonesia, keluarga gue di Indonesia, ya udah lah, gue rasa ini waktunya gue balik ke Indonesia. Enggak zero banget, tapi gue start new," ucap Christian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com