Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alec Baldwin akan Didakwa Lagi atas Insiden Penembakan Syuting Film Rust yang Fatal

Kompas.com - 19/10/2023, 13:51 WIB
Andika Aditia

Penulis

KOMPAS.com – Salah satu jaksa dari negara bagian Amerika, New Mexico, berencana menuntut aktor Alec Baldwin dengan pembunuhan tidak disengaja sehubungan dengan insiden penembakan saat syuting film Rust tahun 2021.

Seperti dilansir NBC News, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengklaim kasus Alec Baldwin akan dibawa ke hadapan dewan juri pada pertengahan November 2023.

Dalam sebuah pernyataan, pengacara Alec Baldwin, Luke Nikas dan Alex Spiro, menyayangkan atas tuntutan yang dilakukan lagi kepada kliennya.

Baca juga: Tuntutan Pidana Penembakan Gugur, Alec Baldwin Lanjut Syuting Film Rust

“Sangat disayangkan bahwa tragedi yang mengerikan telah berubah menjadi penuntutan yang salah arah. Kami akan menjawab segala tuduhan di pengadilan,” ucap pengacara Alec Baldwin.

Ada pun jaksa dari New Mexico yang diketahui bernama Kari Morrisey menyebut keputusan untuk membuka kembali insiden penembakan ini sudah melalui tahapan yang panjang dan imparsial.

“Kami percaya bahwa berdasarkan penyelidikan kami yang panjang dan terperinci, adalah tepat bagi dewan juri di New Mexico untuk mengambil keputusan apakah kasus ini harus dilanjutkan,” kata jaksa Kari Morrissey kepada NBC News.

Baca juga: Jaksa Gugurkan Dakwaan terhadap Alec Baldwin dalam Kasus Penembakan di Film Rust

Alec Baldwin awalnya didakwa melakukan pembunuhan tidak disengaja atas kematian sinematografer Halyna Hutchins selama syuting film Rust pada Oktober 2021.

Halyna Hutchins terbunuh peluru yang ditembakkan dari senjata penyangga yang digunakan Alec Baldwin.

Alec Baldwin lantas membantah melakukan hal tersebut dalam berbagai wawancara.

Baca juga: Alec Baldwin Didakwa Pembunuhan Tidak Sengaja atas Penembakan Halyna Hutchins

“Saya merasa seseorang bertanggung jawab atas apa yang terjadi, dan saya tidak bisa mengatakan siapa orang itu, tapi saya tahu itu bukan saya,” kata Alec Baldwin kepada ABC News pada Desember 2021.

Ada pun, tudingan pembunuhan terhadap Alec Baldwin akhirnya dibatalkan pada bulan April 2023 setelah muncul bukti baru yang menunjukkan bahwa senjata yang digunakan mungkin telah dimodifikasi, yang dapat menyebabkan kegagalan fungsi.

Pada saat itu, jaksa Kari Morrissey dan Jason Lewis mengatakan “dakwaan tersebut dapat diajukan kembali” terhadap Alec Baldwin.

Baca juga: Alec Baldwin Berharap Ada Perubahan Peraturan Keselamatan di Lokasi Syuting

Pada bulan Agustus 2023, laporan analisis senjata yang ditugaskan jaksa penuntut menemukan bahwa senjata tersebut tidak dimodifikasi.

Hannah Gutierrez-Reed, salah satu tim produksi film Rust, didakwa pada bulan Januari 2023 dengan tuduhan merusak bukti dan dua tuduhan pembunuhan tidak disengaja. Hannah sendiri membantah dan menyatakan dirinya tidak bersalah.

Sementara, sidang Hannah Gutirrez-Reed dijadwalkan berlangsung pada 21 Februari 2024.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com