Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dugaan T’Koes soal Penyebab Dilarang Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

Kompas.com - 26/09/2023, 18:58 WIB
Revi C. Rantung,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Agusta Marzall yang merupakan pendiri grup band T’Koes menanggapi soal keluarga Koes Plus yang melarang membawakan lagu-lagu mereka baru-baru ini.

Agusta Marzall menduga hal itu berhubungan dengan video yang diunggah di Facebook yang diberi judul “Obrolan santai + sarapan pagi lanjut senam SKJ bersama para Tokoh TNI…”.

Saat itu, T’Koes tengah berbincang dengan seorang purnawirawan TNI AL.

Baca juga: Respons Band TKoes Setelah Dilarang Bawakan Lagi Lagu Koes Plus

“Itu obrolan santai antara senior petinggi TNI itu, dengan juniornya kami sebagai personel T’Koes. Saat itu beliau memotivasi kami untuk bekerja keras secara maksimal, jadi ketika beliau bicara kami memperhatikan dan pengin belajar,” kata Agusta Marzall dalam jumpa pers di daerah Ampera, Jakarta Selatan, Selasa (26/9/2023).

Agusta lalu membeberkan sebuah kalimat yang diduga membuat keluarga Koes Plus merasa tersinggung.

“Setelah sekian hening secara spontan dia bilang ‘tapi jangan sampai seperti Koes Plus, anak-anak itu seperti aset’. Di video itu kami tidak begitu jelas ucapan dari beliau, akan tetapi kami sebagai junior menghormati seniornya bicara,” tutur Agusta Marzall.

Baca juga: Duduk Perkara Pelarangan Band TKoes Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

“Kami menduga karena itu ada larangan, dari video itu,” tambah Agusta.

Lebih lanjut, dari persoalan yang tengah ramai diperbincangkan, T’Koes menegaskan bahwa mereka patuh membayar royalti terhadap lagu-lagu Koes Plus.

“T’Koes terus belajar agar bisa menghibur. Kami membawakan lagu yang bukan hanya karya Koes Plus, tapi ada lagu-lagu dari band lain akan tetapi T’Koes telah menjalani pembayaran royalti yang seusai sengan aturan,” ucap Agusta Marzall.

Baca juga: Keluarga Besar Koes Plus Larang Band T’Koes Bawakan Lagu-lagu Koes Plus

Sebelumnya pelarangan tersebut disampaikan langsung oleh anak-anak dari personel Koes Plus yang diwakili oleh David Koeswoyo dari Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo dari Tony Koeswoyo, Rico dari Murry, dan Sari Koeswoyo dari Yok Koeswoyo.

“Menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini keluarga besar Koesplus melarang dan tidak memberikan izin kepada band T'Koes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus,” ucap Sari Koeswoyo seperti dikutip dari unggahan akun TikTok Damon Koeswoyo baru-baru ini.

Baca juga: Alasan Keluarga Besar Koes Plus Larang Band T’Koes Bawakan Lagu Koes Plus

Sari Koeswoyo menjelaskan bahwa keputusan melarang T'Koes untuk tak lagi membawakan karya-karya Koes Plus bukan karena perkara uang atau royalti.

Sari menegaskan keputusan itu diambil murni karena persoalan etika yang sudah berulang kali terjadi.

"Ini bukan perkara uang atau royalti ya. Ini masalah yang berulang terkait attitude. Dan kesabaran kami sudah habis," kata Sari dalam sebuah komentar di Instagram David Koeswoyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com