Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Oktober 2023, Jakarta Film Week 2023 Akan Tayangkan 90 Film

Kompas.com - 26/09/2023, 18:36 WIB
Cynthia Lova,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Festival film bertaraf internasional, Jakarta Film Week 2023, akan digelar pada Rabu (25/10/2023) hingga Minggu (29/10/2023).

Di Jakarta Film Week 2023 ini akan ditayangkan 90 film dari dalam negeri dan luar negeri.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta, Andhika Permata, bersyukur Jakarta Film Week kini sudah ada di tahun ketiga penyelenggaraannya.

“Mulai dari 2021 saat level PPKM industri perfilman Jakarta, kita bersama-sama untuk membuat platform ini menjadi satu wadah bagaimana ekosistem Jakarta bisa eksis,” ujar Andhika di daerah Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/9/2023).

Baca juga: Road to Jakarta Film Week 2023 Digelar Pekan Ini

“Pemprov DKI tentunya di sini kita bisa bersinergi mendatangkan film dari luar negeri agar bisa jadi pembelajaran untuk kita. Juga membawa film dalam negeri kita ke luar negeri supaya meningkatkan kompetensi para sineas dan pengalaman internasional,” lanjut Andhika.

Jakarta Film Week tahun ini mengusung tema Evolve, menggambarkan pertumbuhan festival sekaligus berkembangnya industri perfilman sejak pandemi.

“Festival yang lahir di masa pandemi 2021 lalu, kini telah berkembang dan bertumbuh. Mulai dari aspek hasil karya produksi sineas, penguatan keterampilan sumber daya manusia, aspek teknologi dan fasilitas produksi, sampai aspek eksibi dan apresiasi penonton,” ucap Festival Directot, Rina Damayanti.

“Ini yang menjadi latar belakang kita memilih tema Evolve. Spirit kata Evolce juga menjadi dasar dalam pengembangan program-program dan kerja sama tahun ini,” lanjut Rina.

Baca juga: 4 Rekomendasi Film yang Ikut Ajang Jakarta Film Week 2022

Program Manager Jakarta Film Week 2023, Novi Hanabi, mengatakan, akan ada 90 film panjang dan pendek yang akan ditayangkan dalam Jakarta Film Week ini.

Dua di antara 90 film tersebut yakni ada film Budi Pekerti karya Wregad Bhanuteja sebagai pembuka dan film Tiger Stripes karya Amanda Neil Eu, produksi Ghost Grrrl Pictures, Malaysia sebagai penutup Jakarta Film Week 2023.

“Yang diputar itu sekitar 90 film sebenarnya. Tadi aku highlight beberapa film panjang, kemudian khusus untuk film pendek itu yang kompetisi,” ucap Rina.

Tahun ini Jakarta Film Week masih memiliki dua program utama, yaitu program pemutaran film dan non-pemutaran film.

Baca juga: Dua Program Utama di Jakarta Film Week 2022

Program pemutaran film akan terdiri dari tiga program, yaitu Global Feature, Global Short, dan Jakarta Film Fund.

Jakarta Film Fund adalah kompetisi ide cerita pembuatan film pendek, dengan tiga proposal terpilih akan mendapat dukungan produksi, teknis dan pelatihan.

Sementara, untuk non-pemutaran film disebut Fringe Events yang akan ada program Master Class, talks, community, dan Road to Jakarta Film Week, yang berkolaborasi dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com