Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konser "Simfoni Untuk Bangsa" Ingin Kenalkan Lagu-lagu Koes Plus kepada Generasi Muda

Kompas.com - 24/08/2023, 07:35 WIB
Melvina Tionardus,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Konser Simfoni Untuk Bangsa 2023 yang menampilkan Jakarta Concert Orchestra pada Sabtu (26/8/2023) akan membawakan lagu-lagu dari band Koes Plus.

Direktur Musik dan Konduktor Jakarta Concert Orchestra, Avip Priatna, mengungkapkan alasan menjadikan Koes Plus sebagai tema konser tahunan tersebut kali ini.

Salah satunya adalah karena lagu-lagu Koes Plus dahulu sangat mendominasi musik Tanah Air.

Lagu-lagu band yang populer tahun 1960 sampai 1970an itu tidak terbatas hanya satu tema.

Baca juga: Jakarta Concert Orchestra Siap Konser Simfoni untuk Bangsa, Temanya Koes Plus

"Koes Plus grup musik yang sepatutnya kita perkenalkan ke generasi muda yang belum tahu. Kita punya grup yang mengeluarkan 110 album bertahan dari tahun ke tahun," ujar Avip Priatna saat jumpa pers di Balai Resital Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (23/8/2023).

Avip menambahkan band yang digawangi oleh kakak beradik dari keluarga Koeswoyo itu juga menciptakan banyak lagu tentang cinta Indonesia dan mensyukuri negeri ini.

Avip berpendapat lagu-lagu Koes Plus dapat membangkitkan semangat patriotisme.

Adapun konser Simfoni Untuk Bangsa 2023 juga akan menghadirkan paduan suara Batavia Madrigal Singers, The Resonanz Children Choir (TRCC), TRCC Serunai, dan Armonia Choir.

Baca juga: Mengenal The Resonanz Childrens Choir dengan Segudang Prestasinya

Dengan membawakan lagu-lagu Koes Plus di Konser Simfoni Untuk Bangsa 2023, Avip merasa ia dan para penampil turut andil.

"Kami sebagai institusi pendidikan lewat unsur orkestra, paduan suara kami mencoba memperkenalkan kepada anak-anak," tutur Avip Priatna.

Konser ini akan bertempat di Gedung Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat dan dapat disaksikan secara berbayar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com