Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peran Iko Uwais di The Expendables 4, Tanpa Casting dan Alasan Tak Ikut Promosi

Kompas.com - 21/09/2023, 12:38 WIB
Vincentius Mario,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Film aksi The Expendables 4 alias Expend4bles menampilkan aktor laga populer asal Indonesia, Iko Uwais.

Dalam perannya, Iko memainkan karakter antagonis bernama Suarto Rahmat. Rahmat adalah penjahat utama dalam seri Expend4bles dan juga seorang teroris.

Baca juga: Aktor Mark Wahlberg Lawan Main Iko Uwais Pertimbangkan Pensiun Dini dari Dunia Film

Meski begitu, Iko tak bisa ikut mempromosikan Expendables 4 lantaran bergabung dalam aksi mogok penulis Screen Actor Guilds (SAG). Berikut rangkuman Kompas.com.

Tanpa casting

Iko Uwais terlibat dalam penggarapan film Expend4bles tanpa melalui proses casting. Hal itu diungkap oleh istri Iko, Audy Item.

"Enggak (casting), karena dipilih. Untuk cast itu, enggak sembarang orang. Jadi Alhamdulillah Iko terpilih ada di situ," kata Audy Item saat ditemui di acara special screening di Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2023).

Baca juga: Karakter dan Peran Iko Uwais di Film The Expendables 4

Audy Item mengaku terkejut ketika Iko ditawari main film Expend4bles, mengingat tak sembarang aktor bisa mendapat peran dalam film sebesar itu.

"Kan aku nonton Expendables sebelumnya. Ketika Iko ditawari, aku bilang 'hah? Serius?' Karena untuk franchise ini kan besar banget," ucap Audy.

Audy ucap syukur

Audy bersyukur suaminya menjadi salah satu aktor yang diperhitungkan oleh sutradara dan produser film besar di Hollywood.

Audy berharap kehadiran Iko bisa memberikan warna baru dalam waralaba film Expendables.

Baca juga: Audy Item Sebut Peran Iko Uwais di Expendables 4 Tanpa Casting

"Aku mewakili Iko terima kasih banyak, bangga banget rasanya. Enggak semua pemeran bisa masuk dalam film Expendables. Semoga Iko memberikan warna baru di film Expend4bles," ujar Audy.

Tak ikut promosi

Meski memainkan salah satu peran utama, Iko Uwais tak ikut mempromosikan film Expendables 4.

Iko Uwais merupakan salah satu member dari SAG. Iko ingin menunjukkan aksi solidaritas dengan rekan-rekannya yang mogok kerja.

SAG mendukung upaya mereka mendapatkan kompensasi yang adil dan kondisi kerja yang lebih baik di dunia perfilman Hollywood.

"Sangat disayangkan karena adanya SAG strike ini Iko Uwais dan teman-teman di Expend4bles tidak bisa ikut mempromosikan film ini," jelas Audy.

Baca juga: Koordinator Stunt Film The Expendables 4 Puji Talenta Iko Uwais

Expend4bles masih berkutat dengan tentara bayaran veteran yang tak terkalahkan, yaitu Barney Ross (Sylvester Stallone) bersama timnya, Lee Chirstmas (Jason Statham), Gunner Jensen (Dolph Lundgren).

Selain Barney cs, ada juga anggota baru Easy yang diperankan 50 Cent.

Hadir pula Megan Fox sebagai Gina, agen CIA yang juga mantan pacar Lee Christmas.

Expend4bles menyajikan berbagai aksi yang mendebarkan, adegan luar biasa, dan momen tak terlupakan yang akan membuat penonton tercengang.

Di Indonesia, The Expend4bles sudah tayang sejak Rabu (20/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com