Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Awalnya 140 Kg, Berat Badan Saykoji Berhasil Turun 37 Kg, Bagaimana Caranya?

Kompas.com - 23/08/2023, 10:04 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Ignatius Rosoinaya Penyami atau Saykoji ungkap perjalanannya menurunkan berat badan dari 140 kg kini menjadi 103 kg.

Diakui Igor, dia sudah sejak lama tak nyaman dengan berat badannya, tapi selalu menyangkal hal tersebut.

"Ada semacam denial, 'gue baik-baik aja,' tapi begitu jalan, kaki sakit, itu gue enggak baik-baik aja," ujar Igor dikutip dari YouTube Melaney Ricardo.

Namun karena selalu menyangkal, Igor berusaha menutupi kesedihan akibat memiliki obesitas itu dengan mengonsumsi makanan.

Baca juga: Usaha Igor Saykoji Turunkan Berat Badan 37 Kilogram dalam 8 Bulan

"Kalau gue inget-inget, gue kasihan sama diri gue yang itu," ujar Igor.

"Dia tahu ada sesuatu yang dia enggak suka, bukan dirinya, (tapi) habitnya, tapi dia enggak bisa lepas dari itu, dan gue berusaha nutup apa yang enggak bisa gue dapat, kebahagiaan ini dengan makanan-makanan," jelasnya.

Kesedihan karena memiliki obesitas itu diungkap Igor misalnya saat ke mal, karena lutut dan tumitnya sakit, begitu turun dari mobil, dia akan masuk ke lobi dan langsung mencari kursi. 

Begitu juga saat keluarga mereka berlibur ke Disneyland, Igor bisa membiayai itu, tapi dia tidak bisa menikmati bersama keluarga, karena mudah merasa lelah dan sakit pada lutut.

Baca juga: Igor Saykoji Turunkan Berat Badan Khawatir dengan Detak Jantungnya

"Gue ngerasa kayak, kita udah kerja susah-susah, bisa nikmati liburan bareng keluarga, tapi gue selalu jadi orang yang pengin cepet-cepet istirahat," ujar Igor.

Kebiasaan Igor itu mulai perlahan berubah ketika seorang Pastor dari gerejanya memberikan dua pilihan, mengunjungi dokter gizi atau dihadiahi sepeda statis.

Saat itu Igor memilih diberikan hadiah sepeda statis dan mulai mencobanya meskipun tak lama.

Perlahan mulai merasakan tubuh lebih sehat, Igor kemudian juga dibantu oleh istrinya yang diam-diam mendaftarkan dia ke dokter gizi.

Untuk pertama kalinya Igor melihat timbangan badan dan mengetahui ternyata berat badannya sudah mencapai 140 kg pada Oktober 2022.

"Sebenarnya konsepnya udah tahu, tapi di sini (pikiran), belum bisa gue ubah," ucap Igor.

"Kebiasaan hidup dengan sesuatu yang lo lakuin rutin, tiba-tiba lo mau ubah jauh lebih susah dari lo masih muda," imbuhnya.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com