Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar Lagi, Pagelaran Sabang Merauke Usung Tema Pahlawan Nusantara

Kompas.com - 14/06/2023, 19:46 WIB
Ady Prawira Riandi,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pertunjukan seni dan budaya Pagelaran Sabang Merauke akan kembali digelar di tahun ini.

Wakil Presiden Direktur iForte, Silvi Liswanda mengatakan, Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan lebih megah dan spektakuler karena melibatkan lebih dari 300 seniman Indonesia.

Tema yang diusung pun akan berganti dari sebelumnya Ibu Pertiwi menjadi Pahlawan Nusantara.

"Jika pada gelaran tahun lalu temanya adalah Ibu Pertiwi, maka di tahun ini temanya adalah Pahlawan Nusantara," kata Silvi dalam siaran pers, Rabu (14/6/2023).

Baca juga: Kikan Namara Sajikan Kejutan Baru dalam Pagelaran Sabang Merauke

Pagelaran Sabang Merauke tetap akan menampilkan berbagai tarian tradisional dan modern yang dipertunjukkan secara kolosal dengan diiringi 31 lagu daerah dan nasional.

Sejumlah musisi Tanah Air akan terlibat dalam pergelaran tahun ini, di antaranya adalah Isyana Sarasvati, Cantika Abigail, Swain Mahisa, Alsant Nababan, Taufan Purbo, Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Nino Prabowo, Yuyun Arfah, Gabriel Harvianto, Batavia Madrigal Singers, dan Jakarta Concert Orchestra yang dipimpin oleh Avip Priatna.

Selain itu ada musisi Dian HP, Ammir Gita, Meidy Ratnasari, Kiki Dunung, budayawan senior Butet Kertaradjasa, seniman tari Mugiyono Kasido, Gunk Mas, Abib Igal, Okvalica, ventriloquist Kak Tony serta MC Indra Bekti dan Endah Laras.

Baca juga: Pagelaran Sabang Merauke Kembali Digelar, Hadirkan Kikan Namara hingga Batavia Madrigal Singers

Rencananya Pagelaran Sabang Merauke tahun ini akan diselenggarakan di JI-EXPO Theater Kemayoran pada 19-20 Agustus mendatang dengan total 4 kali pertunjukan.

Isyana Sarasvati mengaku antusias untuk memberikan penampilan terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke tahun ini.

"Bersama teman-teman seniman lainnya tentu saya ingin memberikan penampilan yang terbaik dalam Pagelaran Sabang Merauke nanti," ujar Isyana Sarasvati.

Sebagai informasi, Pagelaran Sabang Merauke pertama kali digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta pada Februari 2022.

Baca juga: Kikan Namara Persiapkan Stamina Ekstra Jelang Pagelaran Sabang Merauke

Acara ini kemudian dibawa ke Jakarta dan digelar di Djakarta Theater pada awal Juni 2022.

Respons positif yang didapat membuat penyelenggara mempertunjukkan kembali di Ciputra Artpreneur pada November 2022.

Di setiap pertunjukannya, Pagelaran Sabang Merauke selalu melibatkan ratusan seniman pertunjukan, baik tradisional maupun nasional, untuk menyuguhkan berbagai seni budaya Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com