Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Kehilangan Suara karena TBC, Duta Sheila On 7 Bersimpuh dan Menangis di Kaki Istri Saat Bisa Menyanyi Lagi

Kompas.com - 15/05/2023, 12:29 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Pernah kehilangan suara karena menderita TBC, Duta vokalis Sheila On 7 cerita momen bersimpuh dan menangis di kaki istrinya setelah tahu bisa bernyanyi lagi.

Duta mengaku awalnya sempat hilang rasa percaya diri, terlebih setelah gagal menyanyi live di sebuah program acara televisi.

"Hasilnya sebegitu buruknya. Itu kalau buat Sheila On 7 malu-maluin," kata Duta dikutip dari YouTube Salim A. Fillah.

"Itu saya bener-bener kayak orang baru belajar nyanyi atau orang yang hobi nyanyi, bukan pekerjaannya nyanyi," imbuhnya.

Baca juga: Hampir 20 Tahun Menikah, Duta Sheila On 7 Bongkar Rahasia Rumah Tangga Tetap Harmonis: Mulainya dari Saya Dulu

Setelah menjalani pengobatan untuk TBC sekitar 6 hingga 9 bulan, kondisinya semakin membaik. 

Tepat setelah dinyatakan sembuh, Sheila On 7 merilis album yang sudah lama tertunda karena Duta sedang sakit. Saat itu rasa percaya diri Duta belum pulih setelah penampilan terakhirnya. 

"Waktu itu ujian terberatnya, Sheila On 7 harus rilis album itu di stasiun tv, dan saya harus featuring beberapa vokalis," ucap Duta.

"Posisinya, saya rapuh, kepercayaan diri saya belum balik. Saya belum yakin kalau saya bisa nyanyi lagi," imbuhnya.

Duta yang sudah penasaran dengan penampilannya, segera pulang ke Jogja untuk melihat rekaman video dari penampilannya itu.

Tidak seperti sekarang yang semua penampilan bisa langsung direkam dengan handphone, saat itu Duta hanya bisa memonitor penampilannya setelah pulang ke Jogja.

Baca juga: Kini Nyanyi di Pernikahan Jessica Mila, Duta Sheila On 7: Mila Kelas 5 SD Membantu Video Klip Sheila On 7

Di mana ada tim yang bertugas merekam penampilan dengan menggunakan video VHS.

"Jadi saya waktu pulang dari Jakarta, habis launching, yang saya cari pertama ke kantor dulu, jadi saya enggak pulang ke rumah, mau lihat video itu," kenang Duta.

"Itu saya benar-benar bersimpuh di kaki istri saya dan saya nangis kayak anak kecil, 'ya Allah Bu, aku isoh nyanyi meneh iki bu,' (Ya Allah Bu, aku bisa nyanyi lagi ini Bu)," ujarnya.

Menangis saat bersimpuh di kaki istrinya, Duta mengatakan bahwa itu luapan bahagia dan syukurnya.

"Karena saya merasa, itu sesuatu yang saya senangi dan saya bisa bermanfaat buat orang lain sampai detik ini," ucap Duta.

"Saya rasa dan yang menjadikan saya seseorang yang bermanfaat buat orang lain dan keluarga saya, karena saya nyanyi," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com