Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Logat Medoknya Disorot, Duta Sheila On 7: Itu Memang Terlihat di Beberapa Lagu, Ya Ini Orang Jawa

Kompas.com - 14/05/2023, 13:21 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Vokalis grup band Sheila On 7, Akhdiyat Duta Modjo atau Duta, bicara tentang logat Jawa kental darinya yang ternyata pernah terekam jelas di album pertama Sheila On 7.

Lahir di Amerika Serikat, Duta menceritakan awal dirinya bisa bahasa Jawa justru dari pergaulan. 

"Saya bisa bahasa Indonesia sama bahasa Jawa itu bareng, di Amerika (Inggris), begitu di sini (Jogja) namanya anak cowok, langsung main sama temen-temen," kata Duta mengenai awal dirinya belajar bahasa Jawa, dikutip dari YouTube Salim A.Fillah.

"Saya bisa bahasa Jawa dari pergaulan. Di rumah, karena ibu bukan orang Jawa, (bahasa) pengantarnya bahasa Indonesia," lanjutnya.

Baca juga: Hampir 20 Tahun Menikah, Duta Sheila On 7 Bongkar Rahasia Rumah Tangga Tetap Harmonis: Mulainya dari Saya Dulu

Sebagai anak yang tumbuh besar di Jogja dan memiliki teman satu grup band yang sama-sama dari Jogja, ikut mempengaruhi Duta hingga memiliki logat Jawa yang begitu kental sampai saat ini.

"Apalagi sama Adam, dari kecil, SMA kenal Eross, jadi karena roots-nya emang dari sini (Jogja)," ucap Duta.

"Kayak lucu aja kalau saya sama Adam tiba-tiba harus 'Dam, hari ini kita mau ke mana?' itu udah aneh, enggak usah 'lo gue'," sambungnya.

Sehingga, tak heran begitu mereka merilis lagu, logat Jawa ini masih kental terdengar, terlebih di album pertama Sheila On 7.

Baca juga: Viral Video Duta Sheila On7 Makan di Warteg, Gaya Sederhananya Banjir Pujian

"Di album pertama yang memang masih terlihat secara sadar atau tidak sadar itu (rilis) 1998, saya 18 tahun, itu memang terlihat di beberapa lagu, 'ya ini orang Jawa,'" kata Duta.

Duta lantas mencontohkan satu lagu yang bisa dicari sampai sekarang, di mana logat Jawa-nya begitu kental terdengar.

"Kalau di album pertama ada di beberapa lagu, nanti coba dengerin lagi album pertama Sheila On 7," ujar Duta.

"Salah satunya lagu hitsnya aja 'Lupakanlah saja di..,'" sambungnya sambil menekankan pengucapan kata 'Di' yang medok.

Meskipun sempat jadi perbincangan, tapi Duta bersyukur lagu itu akhirnya tetap rilis, di mana dia percaya logat medok itu masih bisa diterima.

"Jawanya itu emang kelihatan berasa banget dialeknya," tutur Duta.

"Tapi ya buktinya rilis aja. Jadi emang produser sekali pun, saya merasa dia tidak komplain dengan itu disaat itu. Berarti ya mungkin Jawa, tapi enggak kelihatan banget," lanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com