Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Para Superhero di Dalam Air

Kompas.com - 10/04/2023, 11:01 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TIDAK perlu diragukan bahwa tokoh sineas garda terdepan dalam mengangkat kisah mitologi abad 21 ke layar lebar adalah James Cameron. Namun, Cameron masih harus bersaing ketat dengan para produsen film-film superhero komik Marvel dan komik DC.

Hal yang menarik adalah bahwa pada kurun waktu nyaris bersamaan, ketiga produsen film mitologi zaman now tersebut sama-sama menampilkan para superhero yang memiliki kesaktian mandraguna di dalam air, bukan yang terbang melayang di angkasa.

James Cameron pada tahun 1989 bermahakarya dengan film Abyss yang menampilkan para mahluk yang hidup di kedalaman terdalam samudra. Tahun 2022 dia melanjutkan sukses Avatar dengan Avatar 2 sengaja bersubjudul “The Way of Water” demi lebih seru menampilkan adegan-adegan di dalam air, ketimbang di luar angkasa.

Baca juga: Black Panther: Wakanda Forever, Awalnya Soal TChalla dan Anaknya

Marvel Cinematic Universe pada film Wakanda Forever menampilkan tokoh Namor sebagai superhero akuatik berasal dari peradaban Maya dari Amerika Tengah.  Sementara DC Entertainment tak mau ketinggalan menampilkan superstar action Jason Mamoa sebagai superhero akuatik pada serial film Aquaman pada tahun 2018 disusul pada 2023 dengan Aquaman and The Lost Kingdom.

Saya hanya mampu berperan sebagai penonton film-film yang menampilkan para tokoh superhero yang sakti di dalam air mahakarya para sineas Hollywood tersebut.

Namun sebagai warga Indonesia, saya merasa bangga bahwa sementara industri film Hollywood baru mulai memproduksi film dengan tokoh Avatar, Namor, dan Aquaman pada abad 21, sudah jauh terlebih dahulu telah terbukti Wayang Purwa menampilkan tokoh superhero mandraguna yang tak tertandingkan dalam pertempuran di dalam air yaitu Antasena.

Kesaktian Antasena berlanjut pada Wisanggeni sebagai tokoh superhero paripurna yang bahkan memiliki kesaktian bisa menghisap kesaktian tokoh lain seperti Namor dan Aquaman atau siapapun termasuk para dewa. 

Baca juga: Ramayana, Mahabharata, dan Wayang Purwa

Sebagai warga Indonesia yang bangga atas karya kebudayaan bangsa sendiri, saya merasa yakin bahwa segenap tokoh superhero versi Hollywood digabung menjadi satu tetap tidak akan mampu mengungguli Wisanggeni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com