Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmad Dhani Bikin Grup WhatsApp Khusus Pencipta Lagu, Once Tak Dimasukkan

Kompas.com - 05/04/2023, 09:52 WIB
Vincentius Mario,
Kistyarini

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musisi Ahmad Dhani melihat urgensi permasalahan royalti musik dan hak cipta bagi para pencipta lagu yang tengah ramai dibicarakan saat ini.

Dhani pun berinisiatif membuat grup WhatsApp berisi para pencipta lagu di Indonesia untuk mencari jalan keluar masalah tersebut.

"Kami ini pencipta lagu sedang guyub. Ini ada WhatsApp grup, komposer-komposer nasional. Rencananya kami akan berkumpul lagi, segera membereskan permasalahan ini," kata Ahmad Dhani dalan konferensi pers di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (4/4/2023).

Adapun grup itu beranggota antara lain Melly Goeslaw, Anji, hingga Anang Hermansyah.

Baca juga: Ahmad Dhani Blak-blakan soal Royalti Lagu Dewa 19 yang Dinyanyikan Once

"Anggotanya, yang kemarin enggak bisa datang, ada Candra Darusman, ada Melly Goeslaw, ada Anji, ada Ade Govinda, Badai Kerispatih, Anang Hermansyah, Rieka Roeslan, Dee Lestari, Makki, ada Denny Casmala," ungkap Dhani.

Selain itu ada juga musisi Indra Lesmana, Piyu gitaris PADI Reborn, dan Yovie Widianto.

Ahmad Dhani sengaja tidak memasukkan Once ke dalam grup tersebut. Menurut Dhani, Once belum bisa disebut sebagai komposer.

Baca juga: Soal Ajak Once di Konser Dewa 19, Ahmad Dhani: Tergantung EO, Masa Harganya Lebih dari Saya?

"Jadi Once itu kan dia mengarang lagu buat Dewa 19, satu lagu doang. Kalau Yovie kan buat siapa saja. Maksud saya Once belum bisa disebut sebagai komposer, karena mengarang lagu itu bareng saya. Kalau enggak bareng saya ya enggak akan jadi lagu itu," tutur Ahmad Dhani.

Satu lagu ciptaan Dhani dan Once yang dimaksud adalah "Cemburu", rilisan Dewa 19 pada tahun 2000 yang masuk dalam album Bintang Lima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com