Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Alya Theresia Ngaku Anak Kandung, Sebenarnya Anak Mamah Dedeh Ada Berapa?

Kompas.com - 04/04/2023, 13:24 WIB
Cynthia Lova,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendakwah Dedeh Rosidah atau Mamah Dedeh belakangan ini jadi sorotan usai ada yang mengaku-ngaku anak kandungnya.

Dalam video yang beredar, seorang wanita bernama Alya Theresia Syarifuddin mengaku anak kandung Mamah Dedeh.

Baca juga: Klarifikasi Keluarga soal Viral Alya Theresia Ngaku-ngaku Anak Mamah Dedeh

Dalam video itu dinarasikan bahwa Alya Theresia ini diusir karena pindah keyakinan.

Putri Mamah Dedeh, Mia, mengaku tak kenal dengan Alya Theresia. Ia menyebut bahwa video pengakuan Alya Theresia itu adalah hoax.

Baca juga: Viral, Video Komentar Inul soal Lesti Kejora dan Rizky Billar Kini Dibandingkan dengan Pernyataan Mamah Dedeh

“Enggak (mengenal Alya Theresia). Itu hoax,” kata Mia dalam pesan singkat kepada Kompas.com, Selasa (4/4/2023).

Mia menyebutkan bahwa Mamah Dedeh dengan ayahnya, Syarifuddin, hanya punya empat anak.

Empat anak Mamah Dedeh tersebut, Mia, Somi, Billy, dan Alam.

Baca juga: Tak Mau Kalah dari Desta, Abdel Achrian Pamer Dukungan Mamah Dedeh Jelang Tanding Pingpong

“Iya (saya perempuan sendiri),” ucap Mia.

Mia mengatakan, ibunya sudah tahu mengenai video pengakuan Alya Theresia.

Kata Mia, respons Mamah Dedeh hanya tersenyum mendengar pengakuan dari Alya Theresia tersebut.

Baca juga: Masih Pakai Narkoba Saat Memandu Acara Dakwah, Abdel Achrian Disentil Mamah Dedeh

“Senyum aja kak. Mamah kan enggak main medsos,” tutur Mia.

@abahtukanggosip Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh mulai terkenal sejak berdakwah lewat radio. Namanya makin melambung saat ia intensif ceramah di media televisi. Perjalanan dakwahnya di media hampir 22 tahun. Padahal jauh sebelum itu, ia juga sudah berceramah keliling kampung. Tak hanya itu, perempuan kelahiran Ciamis, 5 Agustus 1951 ini mengenal dakwah sejak kecil. Ia adalan anak seorang kiai bernama Sujai dan menikah dengan Syarifuddin yang juga anak kiai asal Betawi KH. Hasan Basri. Namun tak banyak yang tahu ternyata Mamah Dedeh memiliki salah satu anak perempuan di Kota Malang, Jawa Timur yang kini berpindah agama dari Islam ke Kristen. Wanita bernama Alya Theresia Syarifuddin (43 tahun) yang tinggal di Sawojajar, Kota Malang, Jawa Timur itu mengaku merupakan anak kandung Mamah Dedeh. Tersimpan cerita sedih saat Alya berusaha mendapat pengakuan dari Mamah Dedeh. Alya menceritakan dirinya adalah anak Mamah Dedeh. Lebih lanjutnya, ia mengaku sudah 18 tahun menjadi seorang Kristiani. "Saya lahir dari keluarga campuran. Bapak orang Betawi bernama Syarifuddin dan Ibu saya Dedeh Rosidah alias Mamah Dedeh orang Sunda. Bapak saya seorang kiai. Ibu saya pendakwah. Sejak kecil, saya beserta saudara-saudara di arahkan menjadi seorang yang taat beragama (Islam)," kata Alya, Selasa (6/12/2022). "Sekarang saya sudah menerima Yesus dalam kehidupan saya. Puji Tuhan tidak tidak akan berubah sampai kapanpun juga," tegasnya. Alya mengisahkan awalnya ia bukan pemeluk agama Kristen. Cucu seorang kiai yang mengaku rajin salat ini hanya mendadak iseng membaca Alkitab. "Saya penasaran orangnya dan saya buka itu Alkitab. Ada tulisan, 'Kami patut percaya bahwa Yesus benar-benar ada'," ucapnya menambahkan. Saat saya masih umur 24 tahun, saya mencoba pengaruhi pacar agar masuk agama yang saya anut. Namun saat berusaha mempengaruhinya, justru akhirnya saya yang terbawa arus dan mengikuti Yesus Kristus. Tuhan Yesus telah menangkap saya. Bersama pacar, saya dibaptis di salah satu gereja di Bandung," ujarnya. #mamahdedeh #tiktoktainment #murtad #kristen #mamadedeh #murtad ? suara asli - Abah Tukang Gosip
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com