Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Identitas Tersangka Keenam Pembunuhan Abby Choi Terungkap, Disebut sebagai Mantan Asisten Aktor Hong Kong

Kompas.com - 04/03/2023, 13:34 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Identitas tersangka keenam dalam kasus pembunuhan sosialita Hong Kong Abby Choi diungkap oleh polisi Hong Kong.

Polisi mengumumkan pada Jumat (2/3/2023) bahwa seorang teman mantan suami Abby, Alex Kwong, ditangkap karena dicurigai membantu dan bersekongkol dengan pelaku.

Pria bermarga Lam itu dikabarkan mantan asisten penyanyi dan aktor Hong Kong Ronald Cheng.

Media Hong Kong melaporkan bahwa pria berusia 41 tahun itu pernah bekerja di perusahaan rekaman Gold Typhoon di departemen pemasaran dan telah bekerja dengan sebagian besar nama besar di sana.

Baca juga: Disebut Dapat Rp 195 Juta, Apa Peran Tersangka Keenam yang Baru Ditetapkan Polisi dalam Pembunuhan Abby Choi?

Selanjutnya, ia menjadi asisten pribadi Ronald dan kabarnya Ronald suka membawa Lam ke acara sosial karena kepribadiannya yang ceria.

Netizen mengungkapkan di Weibo bahwa Lam memposting foto yang diambil dengan banyak selebritas di akun media sosialnya, termasuk Jay Chou, Show Lo, Eason Chan, dan William So.

Media Hong Kong melaporkan bahwa pria berusia 41 tahun itu pernah bekerja di perusahaan rekaman Gold Typhoon di departemen pemasaran dan telah bekerja dengan sebagian besar nama besar di sana.

Polisi mengungkap bahwa Lam bekerja untuk perusahaan persewaan kapal pesiar, dan diduga telah menerima sekitar 300.000 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 584 juta sebagai pembayaran untuk membantu Kwong meninggalkan Hong Kong dengan speedboat pada 25 Februari 2023.

Dalam laporan South China Morning Post, sebuah sumber mengungkapkan bahwa speedboat itu seharusnya membawa Kwong dari dermaga Tung Chung ke perairan internasional, di mana dia akan naik perahu lain.

Meski pelarian itu tidak membuahkan hasil, polisi Hong Kong menduga bahwa Lam mengetahui seluruh rencana pembunuhan tersebut.

Baca juga: Abby Choi Dibunuh Mantan Suami, Nasib Empat Anaknya Jadi Sorotan
Ketika ditanya, Ronald dikabarkan berkata tak tahu apapun karena Lam sudah pergi cukup lama. 

"Detail belum dikonfirmasi. Asisten ini pergi delapan tahun lalu dan saya belum menghubunginya sejak itu, jadi saya tidak yakin apa yang terjadi, " kata Ronald. 

Pada 21 Februari, Abby dilaporkan hilang dan beberapa bagian tubuhnya, termasuk kakinya, kemudian ditemukan di sebuah flat di Lung Mei Tsuen.

Kemudian pada tanggal 26 Februari, apa yang diyakini sebagai tengkorak dan tulang rusuknya ditemukan di dalam panci sup.

Sebuah lubang ditemukan di bagian belakang tengkorak dan para ahli forensik percaya hal itu disebabkan oleh pukulan fatal tersebut.

Dalam kasus ini, empat tersangka ditangkap, yaitu mantan suami Abby Alex Kwong, 28, ayahnya, 65, ibunya, 63, dan kakak laki-lakinya, 31. Seorang wanita berusia 47 tahun, bermarga Ng dan kabarnya adalah kekasih Kwong, juga telah ditangkap. telah ditangkap. Mereka muncul di pengadilan pada 27 Februari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com