Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banyak Penyanyi Cover lagu, Yovie Widianto: Silakan, asal Minta Izin

Kompas.com - 02/03/2023, 21:57 WIB
Revi C. Rantung,
Dian Maharani

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com- Musisi Yovie Widianto tak mempermasalahkan ketika ada penyanyi yang meng-cover lagu-lagu hasil karyanya.

Namun Yovie berujar harus mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan.

“Saya rasa kalau penyanyi cover itu sebenarnya masalah pilihan dan semuanya bisa bagus-bagus saja, nyanyi lagu cover yang baik,” kata Yovie saat ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (2/3/2023).

Baca juga: Tetap Eksis di Industri Musik, Yovie Widianto: Musik Itu Enggak Ada Persaingan

“Yang penting segalanya tuh taat regulasi bahwa harus minta izin dulu, mungkin sama komposernya lewat LMKN (Lembaga Manajemen Kolektif Nasional) atau publisher-nya atau bisa langsung sama managemen komposernya,” tutur Yovie.

Lebih lanjut, Yovie menyebut terus mendukung penyanyi siapapun meski dengan meng-cover, termasuk dengan menyanyikan lagu-lagunya.

“Siapa pun itu saya mendukung. Saya termasuk orang yang mempersilahkan siapa pun untuk meng-cover lagu saya, asal minta izin sama publisher-nya aja, pasti diizinkan,” ungkap Yovie.

Yovie kembali mengatakan bahwa dengan mengikuti regulasi itu, pencipta lagu tidak akan merasa dirugikan.

Baca juga: Yovie Widianto Rilis Ulang Menyesal, Gandeng Lyodra, Ziva Magnolya, dan Tiara Andini

“Sebenernya pencipta lagu itu dirugikan bukan oleh para peng-covernya. Tapi, bagaimana melaksanakan regulasi dan tata aturan yang harusnya memadai,” ucap Yovie.

Kemudian Yovie sedikit memberikan contoh perihal regulasi untuk meng-cover sebuah lagu.

“Misalnya, di platform mana ada harganya kan, itu tinggal turunkan ke komposernya berapa, ke peng-covernya berapa,” ungkap Yovie.

“Dan sebaiknya menurut aku diterapkan untuk izin. Izin itu ke para publisher-nya, mudah kok, 'Saya membawakan lagu ini, ini, ini', bayar ke publisher nya,” tambah Yovie lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com