Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Tahun di Industri Musik, NTRL Rilis Lagu Kita dan Siapkan Seremoni Musikal

Kompas.com - 21/11/2022, 18:24 WIB
Baharudin Al Farisi,
Andi Muttya Keteng Pangerang

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menandai tiga dekade di industri musik Tanah Air, grup musik NTRL merilis lagu berjudul "Kita".

Selain kado ulang tahun, lagu ini juga sebagai ucapan terima kasih dan puji syukur kepada Sang Pencipta, keluarga, sahabat, penggemar, dan semua pihak yang bekerja sama dengan NTRL.

"'Kita' ini bisa dibilang sebuah lagu yang menceritakan tentang persahabatan. Anthem kebahagiaan kita karena telah dipertemukan sama orang-orang yang begitu baik, berjasa, dan bersejarah selama kita bermusik," tutur vokalis NTRL, Bagus, dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (21/11/2022).

Baca juga: Boleh Pakai Nama Netral Lagi, NTRL: Sudah Damai

Ketika suatu saat tidak bisa berjumpa lagi kelak, kata Bagus, "Kita" akan menjadi kenangan serta kebahagiaan yang pernah dirajut bersama-sama.

Untuk menghadirkan lagu "Kita", tiga personel NTRL, yakni Bagus, Coki, dan Eno, berusaha menyiapkannya secara khusus.

Sebab, dalam proses aransemen, lirik, hingga ambience lagu, banyak diaplikasikan di kawasan Sukawati, Ubud, Bali.

Baca juga: NTRL Siap Beri Kejutan di Synchronize Fest 2022

"Kita ambil waktu khusus selama 4 hari di sana. Membawa konsep yang masih minim sekali. Workshop malam, jamming pagi hingga siang. Ambience daerah Ubud mempengaruhi output dari lagu 'Kita' sih," ucap Coki.

Sementara itu, lagu "Kita" disebut akan menjadi kendaraan petualangan bagi NTRLizer, sebutan penggemar NTRL, dalam menjalani estafet lagu-lagu baru selanjutnya sebelum NTRL merilis full album.

Selain lagu, menandai 3 dekade berdirinya NTRL, grup musik asal Jakarta itu akan menghadirkan seremoni musikal bersama teman-teman musisi yang memiliki cerita dengan NTRL.

Baca juga: 30 Tahun NTRL, Pernah Satu Panggung dengan Foo Fighters hingga Beastie Boys

"Berbeda dari seremoni 25 tahun, kemudian 28 tahun, yang ke-30 tahun ini, NTRL akan buat lagu persembahan khusus untuk penikmat musik, khususnya NTRLizer," ujar Bagus.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini terealisasi sehingga kita punya momentum spesial di 30 tahun NTRL berkarya ini," ucap Bagus lagi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com