Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ARMY Lombok dan Malang Akan Salurkan Uang Penggalangan Dana Rp 447 Juta untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Kompas.com - 05/10/2022, 20:20 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hasil penggalangan dana yang dikumpulkan ARMY Indonesia lewat platform kitabisa.com akan segera disalurkan.

Penggalangan dana yang digagas oleh BTS ARMY Project Lombok ini sudah ditutup dan uang donasi telah terkumpul sebesar Rp 447 juta.

Hardyanti selalu perwakilan mengatakan, timnya sudah mendata terlebih dahulu sebelum memberikan hasil donasi untuk para korban tragedi kericuhan Stadion Kanjuruhan.

Baca juga: Selalu Buat Kegiatan Positif, ARMY Indonesia: Kami Ingin Mencontoh BTS

"Sekarang kami sesuaikan datanya, kami membuat urutan berdasarkan prioritas. Siapa yang lukanya paling parah, yang sedang kritis itu yang kami utamakan," ujar Hardyanti saat dihubungi Kompas.com, Rabu (5/10/2022).

Soal target penerima dana, kata Hardyanti, akan memfokuskan sesuai tingkat urgensinya.

"Rencananya kami nanti per korban itu mungkin kami akan kasih Rp 2 juta, yang luka sedang Rp 1 juta, yang luka ringan Rp 500 ribu biar lebih banyak yang kami bantu," ujarnya.

Baca juga: Luna Maya dan Audi Marissa Ikut Sebar Informasi Penggalangan Dana ARMY Indonesia untuk Korban Kanjuruhan

Rencananya, Hardyanti dan tim mulai akan menyalurkan dana tersebut untuk para korban pada Kamis (6/10/2022) jika uang dilaman kitabisa.com sudah bisa dicairkan.

Hardyanti dan tim akan datang langsung ke lokasi untuk menyalurkan donasi dibantu tim BTS ARMY Malang.

"Kalau memang belum memungkinkan, kami mungkin start-nya besok. Paling telat besok. Jadi kami bertahap ngasihnya, Rp 50 juta perhari," tutur Hardyanti.

Selain penggalangan dana, lanjut Hardyanti, timnya juga membuka konsultasi masalah psikologis dan penyediaan layanan hukum.

Baca juga: ARMY Indonesia Buka Bantuan Hukum dan Pendampingan Psikologis untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

"Kami semua bekerja sama membagi tiga porsi. ARMY juga membantu masalah psikologis bagi anak-anak yang menjadi korban. Lalu ada yang membantu advokat, jadi menyediakan lawyer atau pendamping hukum bagi yang membutuhkan," imbuh Hardyanti.

Hardyanti bersyukur projek penggalangan dana Kanjuruhan ini menerima perhatian sehingga bisa melebihi target awal Rp 15 juta.

Ini juga bukan kali pertamanya ARMY Indonesia melakukan kegiatan mulia. Sudah banyak projek mereka untuk membantu sesama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com