Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata Gaun Meghan Markle di Pemakaman Ratu Elizabeth II Punya Makna Khusus

Kompas.com - 20/09/2022, 17:57 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Meghan Markle memberi penghormatan kepada Ratu Elizabeth II dengan lebih dari satu cara dalam penampilannya untuk menghadiri pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II pada hari Senin (19/9/2022).

Selain mengenakan satu set anting mutiara dan berlian yang dihadiahkan Ratu Elizabeth II kepadanya menjelang tamasya solo pertama pasangan itu pada tahun 2018, Duchess of Sussex juga tampak berselera tinggi dalam gaun jubah hitam Stella McCartney. 

Bagi penggemar keluarga kerajaan, gaun Meghan Markle ini tentu sudah akrab dilihat. 

Itu karena Markle mengenakan tampilan yang sama tapi versi warna biru laut saat menghadiri perayaan ulang tahun Ratu ke-92 di Royal Albert Hall pada April 2018.

Baca juga: Duduk di Belakang Raja Charles Saat Pemakaman Ratu Elizabeth, Meghan Markle dan Pangeran Harry Disorot

Dengan tepat, dia memilih untuk mengenakan gaya yang sama dalam warna hitam untuk mengucapkan selamat tinggal terakhirnya kepada pemimpin kerajaan.

Setelan pakaian Meghan Markle juga mematuhi aturan berpakaian pemakaman, yang disarankan untuk memakai gaun atau mantel selutut hitam.

Dilengkapi dengan topi hitam dan veil sebagai pilihan. Dalam hal ini Markle memilih topi bertepi lebar tanpa cadar, tidak seperti Kate Middleton yang memakai veil.

The Duchess of Sussex memang terkenal menyukai gaun dengan jubah.

Baca juga: Berbeda dari Pangeran Harry dan Meghan Markle, Ekspresi Kate Middleton dan Pangeran William Disebut Sangat Tertekan

Dia secara khusus memilih gaun jubah Givenchy berwarna krem untuk penampilannya bersama Ratu Elizabeth di tahun 2018.

Meghan Markle juga mengenakan gaun jubah selama tur kerajaannya di Pasifik Selatan dan Maroko pada tahun 2018 dan 2019.

Beberapa jubah warna-warni juga pernah menemani gaya Meghan Markle untuk penampilan terakhirnya sebagai anggota monarki yang bekerja pada tahun 2020.

Dan di media sosial Senin, beberapa berspekulasi Markle, yang memiliki hubungan yang sulit dengan keluarga suaminya, telah memilih jubah untuk mengirim pesan sekali lagi.

"Kekuatan manusia super memang dibutuhkan. Persiapkan dirimu, Duchess," gurau seorang netizen.

"Seluruh penampilannya adalah tentang Ratu hari ini. Bicara tentang menjadi bijaksana," twit seorang penggemar.

Sementara itu, Catherine, Putri Wales, juga menghormati sang ratu dengan mengenakan bros milik Ratu Elizabeth II saat menghadiri kebaktian di Westminster Hall.

Untuk pemakaman Ratu Elizabeth, Kate Middleton memilih memakai kalung mutiara beruntai empat yang dulunya milik sang ratu.

Kate juga mengenakan kalung yang sama untuk pemakaman Pangeran Philip tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com