Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tatapan Dingin Kate Middleton pada Meghan Markle Jadi Sorotan

Kompas.com - 16/09/2022, 13:13 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tatapan dingin Kate Middleton pada Meghan Markle saat akan menyapa pelayat di luar Windsor Castle menjadi perbincangan.

Dari foto interaksi keduanya, seorang pakar bahasa tubuh memberi penilaian. Menurutnya Kate terlihat menatap Meghan dengan menakutkan. 

Namun tatapan Kate berubah setelah menyadari bahwa dia sedang direkam, sehingga berusaha untuk tersenyum dan melambai ke arah kamera.

Menurut pakar bahasa tubuh, Katia Loisel, Meghan Markle juga merasa tidak nyaman dengan pertemuan itu.

Baca juga: Momen Pelayat Ratu Elizabeth II Tolak Jabat Tangan Meghan Markle

"Tidak seperti Meghan yang kita kenal percaya diri, Meghan tampak tidak nyaman selama pertemuan ini, yang tidak mengejutkan mengingat kritik belakangan ini yang dia hadapi," kata Katia Loisal kepada Seven News Australia.

"Sebaliknya, Kate tampak melihat langsung padanya (Meghan), menunjukkan ketegangan yang mendasari antara mereka," imbuhnya.

Menelusuri untuk membahas momen "tatapan dingin", Loisel mengatakan postur Kate tampak tegang, dengan tatapan tajam dan bibir terkompresi ketika melihat Meghan.

Loisal percaya Middleton, berhasil dalam niatnya yang tampaknya membuat Markle, tidak nyaman.

Baca juga: Raja Charles III Disebut Larang Meghan Markle Temui Ratu Elizabeth II Saat Kritis

Ini bisa dilihat dari gerakan tubuh Markle yang terlihat tidak nyaman.

"Meghan tampak jelas terkejut dan tidak yakin, melangkah ke samping, mengarahkan tubuhnya menjauh dari Kate, menggeser berat badannya dari kaki, kepalanya sedikit membungkuk," kata Loisel.

"Gerakannya tidak pasti dan ragu-ragu dengan penggunaan manipulator atau self-adaptor lebih lanjut menunjukkan ketidaknyamanan dan ketidakpastian," sambungnya.

Loisel juga mengamati bagaimana Markle terlihat ragu-ragu dalam gerakannya yang menurutnya itu semacam tindakan perlindungan.

"Tangan Meghan terangkat ragu-ragu seolah hendak melambai, tetapi berhenti di udara, agak berhenti untuk mengatur rambutnya, kepala dan pandangannya menunduk, sebelum melihat ke atas dan memberikan lambaian cepat," kata Loisel.

"Lengannya kembali diletakkan di depan tubuhnya dalam penghalang sebagian lengan, yang kita lihat di foto ini, lanjutnya.

Loisel menjelaskan bahwa penggunaan penghalang non-verbal parsial, seperti menempatkan lengan di depan tubuh - adalah semacam tindakan perlindungan, menunjukkan ketidakpastian dan kegelisahan.

Sementara itu, Meghan Markle dan Kate Middleton yang berkumpul di hari meninggalnya Ratu Elizabeth II terlihat terus menghindari kontak mata.

Sementara itu Liosel mengatakan, berbeda dengan Kate yang tampak enggak berinteraksi dengan Meghan, Pangeran William justru berusaha untuk terhubung dengan Harry dan Meghan.

"Pada banyak kesempatan Meghan melihat ke arah Kate, namun tatapan itu tidak dibalas," kata Loisal.

 

Kate Middleton dan Meghan MarklePage Six Kate Middleton dan Meghan Markle

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com