Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kini Menjadi Queen Consort, Ini Kisah Cinta Raja Charles III dan Camilla Parker

Kompas.com - 14/09/2022, 13:29 WIB
Rintan Puspita Sari

Penulis

KOMPAS.com- Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II, putranya Charles menjadi raja dan istrinya Camilla otomatis juga menjadi Permaisuri.

Queen Consort adalah gelar yang diberikan kepada pasangan seorang raja, dan di bawah hukum Inggris, siapa pun yang menikah dengan seorang raja akan segera menjadi itu dan dikenal sebagai ratu.

Ada beberapa kekhawatiran publik mungkin membenci Camilla yang dikenal sebagai Ratu Camilla, itulah sebabnya gelar Consort ini disarankan.

Tapi dengan restu ratu, Camilla sekarang akan dikenal sebagai Ratu Camilla karena suaminya sekarang adalah Raja Charles III.

Baca juga: Sikap Pangeran Harry pada Meghan Markle Jadi Sorotan Saat Bersama Pangeran William dan Kate Middleton

Lantas seperti apa kisah cinta Camilla dan Charles yang dulu sempat ramai disorot?

Hubungan Raja Charles III dengan Ratu Camilla bisa disebut seperti roller coaster, termasuk bahkan setelah mereka menikah.

Meskipun akhirnya mereka menikah di tahun 2005, tapi sebelum tahun itu, hubungan keduanya terus jadi sorotan, meskipun sama-sama telah memiliki pasangan.

Charles pertama kali bertemu Camilla di tahun 1970, lewat seorang teman. Charles disebut jatuh cinta dengan cara Camilla tersenyum, dan mereka bisa menertawakan hal bodoh bersama.

Tahun 1971, keduanya sempat berpisah, selain karena Charles bergabung dengan Angkatan Laut kerajaan, Camilla juga disebut tak memenuhi syarat sebagai calon pendamping pewaris takhta.

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Pangeran William dan Kate Middleton Punya Gelar Baru

Camilla tidak memiliki garis keturunan aristokrat dan tidak perawan. Itu yang membuat mereka percaya bahwa mereka memang tidak ditakdirkan bersama.

Camilla kemudian menikah dengan Andrew Parker Bowles di tahun 1973, kabarnya Charles sempat berusaha menghentikan pernikahan itu.

Menurut Penny Junor, penulis dari The Duchess: The Untold Story, sekitar tahun 1978 hingga 1979, Pangeran Charles dan Camilla mulai berselingkuh dan ini kabarnya diketahui oleh suami Camilla.

Kemudian di tahun 1980, Charles mulai berpacaran dengan Putri Diana, yang berasal dari keluarga aristokrat, dan tentu saja dianggap keluarga kerajaan lebih pantas menjadi pendamping Charles sebagai calon raja di masa depan.

Baca juga: Sebelum Nikahi Kate Middleton, Pangeran William Pernah Diingatkan Pangeran Philip soal Hal Ini

Pada 29 Juli 1981, Pangeran Charles resmi menikah dengan Putri Diana, tampak juga Camilla hadir di upacara pemberkatan tersebut bersama putranya, Tom Parker Bowles.

Tahun 1986, Charles dan Camilla dikabarkan mulai bertemu lagi, terlepas dari status mereka saat itu yang sama-sama telah menikah dan memiliki anak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com