Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shaggydog Rayakan 25 Tahun, Gelar Pameran Arsip Perjalanan Karier

Kompas.com - 23/08/2022, 19:28 WIB
Firda Janati,
Tri Susanto Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Grup band Shaggydog bakal perayaan ulang tahun yang ke-25 dengan menggelar pameran arsip tentang perjalanan karier mereka.

Shaggydog merupakan salah satu band yang merawat dengan baik arsip dokumentasi foto perjalanan karier mereka.

Berawal dari kerja sama Shaggydog dengan Agensi 56 untuk mendigitalisasikan arsip negatif film Shaggydog yang dikumpulkan dari periode tahun 1998 hingga 2006.

Baca juga: Kondisi Finansial Menurun, Shaggydog Pernah Jualan Barang Kerajinan Tangan

Shaggydog dan Agensi 56 akhirnya sepakat untuk mempersembahkan sebuah pameran foto arsip bertajuk "Rudy's Story: Rekam Jejak 25 Tahun Shaggydog" yang sekaligus menjadi agenda rangkaian perayaan ulang tahun Shaggydog ke-25.

Dari digitalisali 47 roll arsip negatif film Shaggydog, menghasilkan sekitar 1674 foto.

Foto tersebut telah dikurasi menjadi 319 frame yang akan dipamerkan dengan 4 kategori kurasi, yaitu Friends, Gigs, Fans, dan Band.

Baca juga: Shaggydog Awalnya Kurang Familiar dengan Musik Ska

Selain itu, dalam pameran ini juga akan menghadirkan kembali sudut memorabilia Shaggydog, serta respons karya oleh Yudha Kusuma Putra yang berupa kolase foto.

Pameran akan berlangsung pada 24 hingga 27 Agustus 2022 di Gudskul Ekosistem dan bisa dikunjungi pukul 13.00 sampai 19.00 WIB secara gratis.

Grup band Shaggydog mengangkat tajuk Ber25ulang untuk perayaan 25 tahun dengan menggelar pameran arsip dan konser tunggal di Jakarta.KOMPAS.com/FIRDA JANATI Grup band Shaggydog mengangkat tajuk Ber25ulang untuk perayaan 25 tahun dengan menggelar pameran arsip dan konser tunggal di Jakarta.
Shaggydog mengangkat tajuk "Ber25ulang" untuk perayaan 25 tahun yang berarti sebuah simbol ungkapan rasa bahagia.

Baca juga: Cerita Lagu Di Sayidan Milik Shaggydog, Berawal dari Suasana Nongkrong

Bersulang juga mengartikan kembali kebersamaan Shaggydog selama 25 tahun sebagai sebuah bentuk introspeksi suka duka dalam perjalanan yang tidak sebentar ini.

Perayaan ini bukan hanya untuk Shaggydog saja, tetapi juga untuk semua kawan yang bersama-sama membawa Shaggydog dalam perjalanan seperempat abad ini.

Sebagai informasi, tahun ini Shaggydog memasuki usia peraknya, 25 tahun sejak terbentuknya pada 1 Juni 1997, di Sayidan, sebuah kampung yang terletak di pinggir sungai di tengah kota Yogyakarta.

Baca juga: Lirik dan Chord Lagu Jalan-jalan dari Shaggydog

Bertahan untuk mempertahankan formasi yang solid dan tetap produktif selama 25 tahun ini juga bukanlah hal yang mudah untuk dilalui bagi Shaggydog.

Tentu banyak kisah cerita dan pasang surut yang telah dilalui Shaggydog dalam perjalanannya.

Enam album studio dan beberapa rilisan single telah mengisi daftar diskografi band yang digawangi Heru, Richad, Raymond, Bandizt, Lilik, dan Yoyo ini.

Bahkan, Shaggydog juga aktif melakukan terobosan-terobosan segar di luar rilisan karya-karya musik mereka, sebut saja rilisan sepatu, sepeda, maskot, hingga buku.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com