Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/06/2022, 20:46 WIB
Fitri Nursaniyah

Penulis

Sumber Allkpop

KOMPAS.com - Serial thriller Korea Selatan, Sweet Home, menjadi salah satu drama sukses sepanjang tahun 2020.

Sweet Home musim pertama memuncaki posisi teratas di Top 10 Netflix global sejak perilisannya. Respons positif penonton terharap Sweet Home membuat serial ini dikonfirmasi hadir untuk musim kedua dan ketiga.

Sweet Home adalah drama adaptasi webtoon yang dibintangi oleh Song Kang, Lee Dohyun, Lee Si Young, dan Go Min Si.

Sweet Home versi Netflix memiliki alur cerita yang cukup berbeda dengan versi webtoon-nya. Berikut penjelasan ending Sweet Home Season 1 seperti dikutip dari Allkpop, Rabu (15/6/2022).

Baca juga: Netflix Umumkan Para Pemain Sweet Home Season 2 dan 3, Siapa Saja?

Sweet Home episode terakhir menunjukkan Hyun Su (Song Kang) di tepi jurang moral. Dia diombang-ambingkan oleh Ui Myeong, monster yang memiliki rencana mendominasi dunia.

Dia menanam pemikiran pada Hyun Su bahwa monster dan manusia berbeda. Dia melakukannya setelah melihat Hyun Su mempertahankan sisi monster dan sisi manusia dalam dirinya.

Ui Myeong bersikeras meyakinkan bahwa dua sisi itu tidak bisa hidup berdampingan. Dia juga menjelaskan bajwa monster adalah evolusi ras manusia yang tidak bisa dicapai oleh semua orang.

Mutasi tersebut terjadi bukan karena virus, tapi karena emosi dan keinginan manusia itu sendiri yang terlampau besar.

Baca juga: Song Kang Akan Kembali di Sweet Home Season 2 dan 3

Sebagian besar manusia di Sweet Home berubah menjadi monster setelah mencapai titik puncak emosional yang dipengaruhi oleh rasa lapar, marah, sakit, terluka, dendam, pengorbanan, cinta, dan sebagainya.

Bahaya atau tidaknya para monster terhadap manusia, tergantung emosi mereka.

Ui Myeong mengatakan bahwa manusia tidak dapat memahami hal itu. Ia menganggap manusia akan menjadi antagonis pada monster apapun.

Contoh perlakuan antagonis manusia ini termasuk tindakan Pemerintah yang meminta warga sipil menyerahkan orang-orang yang terinfeksi.

Baca juga: Foto Tersebar, Sweet Home 2 Sudah Mulai Syuting?

Sekarang Hyun Su sadar bahwa tidak ada pihak yang baik. Satu-satunya cara dia melindungi keluarga Green Home adalah dengan dia menyerahkan dirinya pada Ui Myeong.

Ui Myeong sempat mengamuk sampai menembak penduduk termasuk Sang Wook dan Yuri. Sementara, Hyun Su terlihat tertatih-tatih dalam wujud manusia setengah monster. Lalu dia berubah dan menjatuhkan Ui Myeong.

Du Sik sempat memeluk Hyun Su saat dia kehilangan kesadaran, hal itu membuat Hyun Su kembali ke wujud manusia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com