BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Mola

Reboot Beverly Hills 90210, Bikin Remaja Era 90-an Nostalgia ke Masa SMA

Kompas.com - 26/07/2021, 15:05 WIB
Aningtias Jatmika,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sudah tiga dekade berjalan sejak serial televisi (TV) Beverly Hills 90210 pertama kali mengudara pada 4 Oktober 1990.

Beverly Hills 90210 mengangkat kisah geng remaja sekolah menengah atas (SMA) sebuah kawasan bergengsi di Amerika Serikat, Beverly Hills. Kawasan ini ibarat Pondok Indah-nya Kota Jakarta. Sementara itu, angka “90210” merupakan kode pos wilayah tempat tinggal mereka.

Geng remaja tersebut beranggotakan si kembar Brandon yang diperankan Jason Priestley dan Brenda Walsh (Shannen Doherty), Kelly Taylor (Jennie Garth), Steve Sanders (Ian Ziering), Andrea Zuckerman (Gabrielle Carteris), Dylan Mckay (Luke Perry), David Silver (Brian Austin Green), Scott Scanlon (Douglas Emerson), dan Donna Martin (Tori Spelling).

Seperti serial yang bertema geng SMA pada umumnya, Beverly Hills 90210 kental dengan konflik pertemanan dan percintaan setiap karakter.

Baca juga: Dijamin Seru, Ini 5 Rekomendasi Serial TV dari Genre Action hingga Comedy

Dengan isu yang lekat pada kehidupan remaja tersebut, tak heran Beverly Hills 90210 menjadi serial yang begitu digandrungi oleh remaja era 1990-an di 28 negara di dunia, termasuk Indonesia.

Usai tayang dalam 10 musim, serial yang diproduseri oleh Aaron Spelling tersebut berakhir pada 17 Mei 2000.

Hadir kembali dalam versi reboot

Setelah hampir 20 tahun dari episode terakhir musim kesepuluh, Beverly Hills 90210 dihadirkan kembali dalam versi reboot pada 7 Agustus 2019.

Berbeda dengan 10 musim terdahulu, BH90210, judul resmi versi reboot, mengusung konsep unik. Para pemain BH90210 memerankan diri mereka sendiri. Meski demikian, beberapa “bumbu” fiksi tetap dibutuhkan dalam cerita.

Proyek reboot tersebut dipelopori oleh Tori Spelling dan Jennie Garth. Mereka kemudian mengembangkan cerita bersama Mike Chessler dan Chris Alberghini.

Keterlibatan kedua aktor dalam proses produksi berhasil menyajikan tontonan yang mengaburkan garis batas antara kenyataan dan fiksi. Tak heran, penonton akan sering meng-googling apakah plot cerita di serial reboot Beverly Hills 90210 memang benar-benar terjadi pada kehidupan nyata aktor aslinya atau tidak.

Apalagi, penulisan naskah dilakukan bersamaan dengan pembuatan film. Hal ini membuat para penulis kemudian mengombinasikan dengan apik kejadian terkini yang dialami para aktor di lokasi syuting ke dalam alur cerita serial tersebut.

Disusun dengan bumbu komedi, BH90210 berhasil menggabungkan drama dan opera sabun ke dalam pertunjukannya.

Baca juga: 5 Serial TV Drama yang Lagi Digandrungi Perempuan, Semuanya Bikin Baper

Selain dalam penulisan naskah, para aktor juga berkolaborasi dengan perancang busana Mandi Line. Mereka mengembangkan kostum yang modern dan modis dengan tetap berkiblat pada sentuhan fesyen dari versi awal Beverly Hills 90210.

Bahkan, beberapa kostum yang pernah dikenakan pada versi asli Beverly Hills 90210 dibuat kembali dan dikenakan dalam versi reboot.

Hal senada juga dilakukan oleh komposer John E Davis. Dengan sedikit aransemen ulang, John tetap menggunakan musik intro versi asli Beverly Hills 90210 sebagai musik pembuka BH90210.

Adapun versi reboot Beverly Hills 90210 dibuka dengan pertemuan geng itu di tempat nongkrong favorit mereka, Peach Pit. Eits, rupanya adegan itu hanyalah mimpi Tori yang tertidur di pesawat.

Bersama Jennie, Tori diketahui tengah dalam perjalanan menuju Las Vegas untuk menghadiri acara peringatan 30 tahun serial Beverly Hills 90210 yang juga menjadi ajang reuni bagi para pemainnya.

Reuni peringatan 30 tahun Beverly Hills 90210. Reuni peringatan 30 tahun Beverly Hills 90210.

Satu demi satu adegan menampilkan kehidupan tokoh-tokoh lain dalam serial tersebut secara sekilas. Tokoh tersebut, yakni Brian Austin Green, Ian Ziering, Gabrielle Carteris, dan Jason Priestley.

Reuni pun dimulai. Meski awalnya anggota geng remaja ini terlihat canggung, reuni 30 tahun serial Beverly Hills 90210 akhirnya dapat berjalan dengan lancar dan hangat. Wajar saja, mereka menghabiskan masa remaja dan bekerja bersama selama 10 tahun.

Baca juga: Tersandung Situasi Berbahaya nan Mengerikan, Ini Jalan Cerita Yellowstone Series tentang Tanah Warisan Keluarga

Momen mengejutkan tiba ketika sang pembawa acara menampilkan siaran langsung (live) dari akun Instagram (IG) Shannen Doherty. Dalam serial reboot ini, pemeran tokoh Brenda Walsh itu memang paling tidak diharapkan kehadirannya. Ia dikisahkan bersitegang dengan hampir seluruh aktor.

Pada akhir episode pertama, keenam mantan anggota geng populer tersebut terpaksa harus berhadapan dengan pihak berwajib.

Lantas, apakah yang sebenarnya terjadi kepada mereka sampai harus berurusan dengan pihak berwajib? Bagaimana kehidupan pribadi mereka setelah pertemuan yang membuka lembar demi lembar kenangan?

Kelanjutan kisah geng Beverly Hills 90210 dapat kamu saksikan melalui layanan berlangganan Mola, baik melalui laman mola.tv maupun aplikasi di perangkat Android atau iOS.

Meski hanya dibuat dalam enam episode, kisah remaja populer Beverly Hills ini dapat menjadi obat rindu bagi remaja medio 1990-an, sekaligus momen nostalgia dengan geng masa muda.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com